Meningkatkan Kepemimpinan Anak Sulung Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP N 22 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011

Linda Marliana, 1301406009 (2011) Meningkatkan Kepemimpinan Anak Sulung Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP N 22 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kepemimpinan anak sulung perlu untuk dikembangkan agar memiliki keyakinan atau percaya diri, motivasi dan kreatifitas sehingga dapat mempengaruhi kelompoknya untuk dapat bekerja sama demi tercapai tingkah laku efektif untuk mencapai tujuan bersama. Fenomena yang ada di SMP N 22 Semarang menunjukkan bahwa kepemimpinan pada anak sulung masih rendah karena belum menunjukkan adanya sifat-sifat pemimpin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kepemimpinan anak sulung siswa kelas VIII SMP N 22 Semarang sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre Eksperimen Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak sulung siswa kelas VIII SMP N 22 Semarang yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% (rtabel = 0,349). Penghitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha menunjukkan angka 0,948, oleh karena itu instrument dinilai reliabel, teknik analisis data menggunakan uji wilxocon. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat kepemimpinan anak sulung sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok tergolong dalam kategori rendah dengan persentase 51,1% Setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok meningkat menjadi 73,7% dalam kategori tinggi. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 22,6%. Dari perhitungan uji wilcoxon diperoleh Z hitung = 3.40 > Z tabel = 0.03 Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepemimpinan anak sulung. Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan anak sulung dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Saran bagi guru pembimbing hendaknya bisa meningkatkan kepemimpinan anak-anak sulung dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan materi yang berhubungan dengan aspek-aspek kepemimpinan, bagi siswa hendaknya dapat meningkatkan kepemimpinannya dengan cara membentuk kelompok diskusi dan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan anak sulung, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 23:38
Last Modified: 16 Jul 2012 23:38

Actions (login required)

View Item