Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah melalui metode pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) terhadap Passing Bawah pada siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2010-2011


Buchori , 6301909052 (2011) Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah melalui metode pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) terhadap Passing Bawah pada siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2010-2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah melalui metode pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) terhadap Passing Bawah pada siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2010-2011] Microsoft Word (Upaya meningkatkan keterampilan passing bawah melalui metode pembelajaran Team Game Tournament ( TGT ) terhadap Passing Bawah pada siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2010-2011) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : “Apakah ada pengaruhnya pembelajaran Team Game Tournament terhadap passing bawah antara kelompok Terampil dan kelompok Tidak Terampil pada siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2010 – 2011? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan keterampilan passing bawah pada permainan bola voli pada siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2010-2011. 2). Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada materi ajar Permainan dengan bola besar khususnya bola voli dengan pokok bahasan passing bawah bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V ( lima ) Tahun Pelajaran 2010 – 2011, dengan jumlah siswa sebanyak 22 anak. Pengolahan data dengan penghitungan-penghitungan statistik deskriptif secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kelompok Terampil ada peningkatan dari mean 12.44 menjadi 13.33. 2). Kelompok Tidak Terampil dari mean 6.92 menjadi 9.00 sementara dari keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 3 Terban Jekulo Kudus dari mean 9.18 menjadi 10.77. demikian juga aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran model Team Game Tournament adanya peningkatan yang sangat signifikan dari 5 anak yang aktif pada siklus 1 menjadi 18 siswa yang aktif pada siklus ke 2 atau hampir seluruh siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut, artinya anak sangat antusias dalam mengikutinya. Simpulan penelitian adalah : 1) Pembelajaran metode Team Game Tournament dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah bola voli 2) Pembelajaran dengan metode Team Game Tournament dapat meningkatkan aktivitaas siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. 3) Penerapan metode Team Game Tournament mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu sekolah itu sendiri. Saran yang penulis ajukan adalah : 1) Pelaksanaan metode Team Game Tournament , guru harus mampu menentukan atau memilih topik materi sehingga diperoleh hasil yang optimal. 2) Guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai model pengajaran, walau dalam taraf yang sederhana.3) Perlu adanya penelitian lanjut. 4) Penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan-perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:28
Last Modified: 17 Jul 2012 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item View Item