Penggunaan Pendekatan “PAIKEM” Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Servis Bawah Bolavoli Mini Siswa Kelas V SD N Sendangsoko Tahun Pelajaran 2010/2011


Ibnu Aswandi , 6301909036 (2011) Penggunaan Pendekatan “PAIKEM” Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Servis Bawah Bolavoli Mini Siswa Kelas V SD N Sendangsoko Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  Penggunaan 	Pendekatan “PAIKEM” Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Servis Bawah Bolavoli Mini Siswa Kelas V SD N Sendangsoko Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word ( Penggunaan Pendekatan “PAIKEM” Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Servis Bawah Bolavoli Mini Siswa Kelas V SD N Sendangsoko Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan “ PAIKEM ” dapat meningkatkan hasil servis bawah bolavoli mini siswa kelas V SD negeri Sendangsoko kecamatan jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 ? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dan meningkatkan teknik dasar bolavoli khususnya hasil servis bawah siswa kelas V SD N Sendangsoko Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan ( action research ), jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Sendangsoko yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes servis bawah permainan bolavoli mini dengan instrument tes ketepatan servis dari AAHPER. Untuk mengetahui efektifitas pendekatan “ PAIKEM ” menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PAIKEM berpengaruh positif dalam pembelajaran servis bawah bola voli mini pada siswa kelas V SD Negeri Sendangsoko. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatkan penguasaan servis bawah pada siswa kelas V SD Negeri Sendangsoko. Berdasarkan data awal jumlah rata-rata point setelah tes servis bawah adalah 4,7 dengan persentil 13,9. Sedangkan pada siklus I rata-rata pointnya meningkat menjadi 5,8 dengan rata-rata persentil 22,6. Pada siklus II, yang tadinya rata-rata pointnya 5,8 mengalami peningkatan menjadi 8,6 dengan rata-rata persentil sebesar 29,1. Pada siklus ketiga hasil tes servis bawah juga mengalami peningkatan rata-rata pointnya menjadi 10,3 dengan persentil 37,4. Sebagai Guru Pendidikan Jasmani disarankan dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan pendekatan “ PAIKEM “ Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan karena sudah terbukti dengan pendekatan “PAIKEM“ dapat meningkatkan hasil servis bawah bola voli mini siswa kelas V SD Negeri Sendangsoko .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 03:12
Last Modified: 17 Jul 2012 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item