) Survei Kemampuan Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Putra Usia 9-11 Tahun di Sekolah Dasar Negeri Kuryokalangan 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011

Kartono, 6301909016 (2011) ) Survei Kemampuan Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Putra Usia 9-11 Tahun di Sekolah Dasar Negeri Kuryokalangan 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “bagaimanakah kemampuan passing bawah siswa putra usia 9-11 tahun di SD Negeri Kuryokalangan 01, Gabus, Pati?” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan passing bawah siswa putra usia 9-11 tahun di SD Negeri Kuryokalangan 01, Gabus, Pati. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode survei. Populasi yang digunakan adalah siswa putra usia 9-11 Sekolah Dasar Negeri Kuryokalangan 01 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 18 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, maksudnya mengikutsertakan semua individu atau anggota populasi menjadi sampel. Semua sampel melakukan percobaan passing bawah sebanyak tiga kali percobaan. Masing-masing percobaan diberikan durasi waktu satu menit. Kemampuan akhir passing bawah adalah rerata terbaik dari dua kali percobaan terbaik. Metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif persentase untuk mengukur kemampuan passing bawah. Kemampuan passing bawah yang diperoleh oleh subjek penelitian diukur dengan norma penilaian passing bawah dari Brumbach Forearms Wall-Volley Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 2 orang (11,11%) memiliki kemampuan passing bawah secara baik, sebanyak 2 orang (11,11%) memiliki kemampuan passing bawah cukup baik, dan sebanyak 14 orang (77,78%) memiliki kemampuan passing bawah kurang baik. Dengan demikian dapa disimpulkan bahwa sebagianm besar siswa memiliki kemampuan passing bawah dalam kategori kurang baik. Saran yang diberikan, siswa yang sudah memiliki kemampuan passing bawah secara baik dan memiliki minat untuk menjadi pemain bola voli agar selalu meningkatkan latihan dengan serius, kontinyu, dan terprogram supaya kemampuannya semakin meningkat. Siswa yang belum memiliki kemampuan passing bawah secara kurang baik hendaknya rajin berlatih di luar jam sekolah. Guru olahraga harus memberikan motivasi bagi siswa yang memiliki bakat sebagai pemain voli agar selalu meningkatkan kemampuannya, khususnya dalam melakukan passing bawah. Guru olahraga harus memberikan petunjuk dan pelatihan yang tepat dalam melakukan passing bawah dalam permainan bola voli. Sekolah hendaknya menyelenggarakan ekstrakurikuler/ pengembangan diri bola voli untuk memberikan kesempatan para siswa yang memiliki bakat dan minat di bidang permainan bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 23:02
Last Modified: 16 Jul 2012 23:02

Actions (login required)

View Item