Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal untuk Meningkatkan Ketrampilan Passing Bawah pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/ 2011


Liswinarni Poncowati, 6301909002 (2011) Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal untuk Meningkatkan Ketrampilan Passing Bawah pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal  untuk Meningkatkan Ketrampilan Passing Bawah  pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/ 2011] Microsoft Word (Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal untuk Meningkatkan Ketrampilan Passing Bawah pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/ 2011) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Permasalahan yang akan diteliti oleh penulis yaitu : 1) Apakah pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah permainan bola voli mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010-2011?, 2) Apakah model timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar?, 3) Apakah penggunaan model pembelajaran reciprocal menimbulkan dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, dalam olahraga bola voli mini?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah permainan bola voli mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010 - 2011. 2) Model Pembelajaran reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 3) Penerapan model pembelajaran reciprocal mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, hal ini adalah mata pelajaran olahraga bola voli mini pada siswa kelas V SDN Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010-2011. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Angkatanlor 03 Kabupaten Pati yang berjumlah 30 siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini dengan tabulasi data dan dianalisa dan diolah secara manual. Hasil data awal ke siklus III ada kenaikan 443 kali dan rata-rata 14.77. Siswa aktif pada siklus III ada 15 siswa atau sekitar 15%, siklus II ada kenaikan sekitar 3 siswa atau 10%, bila dilihat dari data awal ada kenaikan 10 siswa atau 33.33%.Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa “Pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah bola voli mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010 - 2011. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah : 1) Pembelajaran dengan model reciprocal dapat meningkatkan hasil keterampilan passing bawah bola voli mini siswa kelas V SDN Angkatanlor 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. 2) Hasil pembelajaran reciprocal keterampilan passing bawah bola voli mini dapat meningkatkan aktivitas (afektif dan kognitif) dalm bentuk dialog, bertanya, bersosialisasi dan bekerjasama berdampak adanya kenyamanan dalam proses pembelajaran. 3) Model pembelajaran reciprocal menjadikan inspirasi dan motivasi bagi peneliti atau guru penjasorkes untuk melaksanakan penelitian lain dengan model pembelajaran yang sama mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan kompetensi dasar yang berbeda.. Saran yang di ajukan adalah : 1) Untuk guru, pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran reciprocal keterampilan passing bawah bola voli mini perlu ada tindak lanjut, setiap guru perlu mengembangkan gagasan yang konstruktif dengan menggunakan model pembelajaran secara kreatif, penggunaan berbagai macam media dan sumber bahan ajar perlu ditingkatkan setiap pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan daya kreatifitas siswa. 2) Untuk sekolah, memberikan motivasi kepada guru untuk dapat melakukan inovasi pembelajaran, mendorong dan memberikan kesempatan kepada guruuntuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (Action research), serta memberikan kesempatan kepada guru untuk meningkatkan diri sebagai guru yang profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 02:46
Last Modified: 17 Jul 2012 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item