Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010 / 2011


Djaswadi, 6301909001 (2011) Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal  untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini  pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010 / 2011] Microsoft Word (Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli Mini pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010 / 2011) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah permainan bola voli mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2010 -2011?, 2) Apakah pembelajaran dengan model timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar?, 3)Apakah model pembelajaran reciprocal mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar?. Tujuan yang ingin dicapai dalam PTK ini adalah : 1) Pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah bola voli pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011, 2) Pembelajaran dengan model timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegatan belajar mengajar, 3) Penerapan model pembelajaran reciprocal mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, hal ini adalah mata pelajaran olahraga bola voli mini. Metode penelitian ini menggunakan data-data yang diperlukan dan diperoleh melalui observasi yang dilakukan peneliti. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tambakromo 03 Kabupaten Pati yang berjumlah 30 siswa. Pengolahan data dalam penelitian ini dengan tabulasi data dan dianalisa secara manual. Dari hasil data awal ke siklus III ada kenaikan 443 kali dan rata-rata 14.77. Siswa aktif pada siklus III ada 15 siswa atau sekitar 15%, siklus II ada kenaikan sekitar 3 siswa atau 10%, bila dilihat dari data awal ada kenaikan 10 siswa atau 33.33%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “Pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah bola voli pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010 - 2011. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah :1) Pembelajaran timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan keterampilan teknik passing bawah bola voli pada siswa kelas V Sekolah Dasar Tambakromo 03 Kabupaten Pati Tahun Pembelajaran 2010-2011, 2) Pembelajaran dengan model timbal balik atau reciprocal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegatan belajar mengajar, 3) Penerapan model pembelajaran reciprocal mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu sekolah itu sendiri. Saran dalam penelitian ini adalah : 1) Pelaksanaan model pembelajaran timbal balik atau resiprocal memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar -benar bisa diterapkan dengan model resiprocal, sehingga diperoleh hasil yang optimal, 2) Peningkatan prestasi belajar siswa, banyak faktor yang mempengaruhinya, maka guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan berbagai model pengajaran, walau dalam taraf yang sederhana, agar siswa nantinya dapat menemukan konsep dan keterampilan, sehingga siswa berhasil atau mampu memecahkan masalah - masalah yang dihadapinya, 3) Perlu adanya penelitian yang lebih lanjut, karena hasil penelitian ini hanya dilakukan di kelas V Sekolah dasar, 4) Pada penelitian yang serupa hendaknya dilakukan perbaikan -perbaikan agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 17 Jul 2012 02:44
Last Modified: 17 Jul 2012 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item