Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Sikap Kapal Terbang dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Siswa Kelas III SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011
Arum Kuntadi, 6102909050 (2011) Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Sikap Kapal Terbang dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Siswa Kelas III SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Model Pembelajaran Keseimbangan Gerak Sikap Kapal Terbang dalam Penjasorkes melalui Pendekatan Lingkungan Persawahan Siswa Kelas III SD Negeri Kepandean 03 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 – 2011)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana model pembelajaran keseimbangan gerak sikap kapal terbang dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan siswa kelas III SDN Kepandean 03 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010 - 2011. Adapun tujuan penelitian untuk mengembangkan model pembelajaran keseimbangan gerak sikap kapal terbang dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan persawahan. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis pengembangan (research - based development) yang berorientasi pada produk. Produk dalam hal ini adalah model pembelajaran keseimbangan gerak sikap kapal terbang yang dikembangkan di lingkungan persawahan untuk melatih keseimbangan gerak dinamis dan statis. Pembelajaran terbagi menjadi dua tahap, yaitu uji coba skala kecil yang diikuti 10 siswa dan uji lapangan (skala besar) yang diikuti 30 siswa. Instrumen penelitian ini berbentuk kuesioner untuk siswa, lembar evaluasi ahli masing-masing sebanyak 15 butir pertanyaan, dan lembar pengamatan. Subyek penelitian meliputi satu orang ahli Penjasorkes (Pembimbing Penjasorkes), dua orang ahli pembelajaran Penjasokes (Guru Penjasorkes), dan siswa kelas III SDN Kepandean 03 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian uji coba produk awal yang diikuti 10 siswa menyatakan bahwa 60% model tersebut cukup baik digunakan tetapi bersyarat, sedangkan menurut ahli 78% model sudah baik dan dapat digunakan. Setelah direvisi dan diujikan ke lapangan dengan jumlah skala besar yaitu 30 siswa diperoleh 94% model sangat baik dan menurut ahli model sudah 100% baik, ditambah hasil pengamatan ahli tiap anak diperoleh 77% model baik dan dapat digunakan. Sehingga disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran keseimbangan gerak sikap kapal terbang yang dimodifikasi melalui pendekatan lingkungan persawahan siswa kelas III SD Negeri Kepandean 03 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, layak dan efektif digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Penjasorkes. Saran peneliti adalah (1) hendaknya dalam pemilihan lingkungan sebagai sumber belajar disesuaikan dengan lingkungan sekitar sekolah, dan (2) penggunaan model pembelajaran sebaiknya memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan siswa baik alat maupun media pembelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, keseimbangan gerak sikap kapal terbang dalam Penjasorkes, pendekatan lingkungan persawahan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 00:22 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 00:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13510 |
Actions (login required)
View Item |