Perilaku Siswa Setelah Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani ( Studi Siswa Kelas VII A dan Kelas VII B Smp Pusponegoro Pagejugan Brebes )

Abdul Mukhit, 6101406595 (2011) Perilaku Siswa Setelah Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani ( Studi Siswa Kelas VII A dan Kelas VII B Smp Pusponegoro Pagejugan Brebes ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perilaku atau sikap siswa adalah pada hakikatnya adalah tindakan atau aktivitas manusia dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain: berjalan, tertawa, berbicara dan bekerja. Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa yang simaksud perilaku ( manusia ) adalah semua kegiatan atau aktifitas baik yang diamati langsung atapun yang tidak secara langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunaka pengumpulan data yang secara objektif, artinya hanya mngumpulkan data yang mendukung sebuah hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes yang berjumlah 60 siswa yang diantaranya 10 siswa putra dan 20 siswa putri untuk kelas A dan 17 siswa putra dan 13 siswa putri untuk kelas B. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku siswa setelah pendidikan jasmani kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes dan mendeskripsikan perbandingan perilaku kelas VII A dan VII B SMP Pusponegoro Pagejugan Brebes. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa ada perbedaan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajara penjas kelas VII A dan VII B Smp Pusponegoro Pagejugan Brebes hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas B memperoleh manfaat yang lebih tinggi dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dibandingkan dengan kelas A. Hal ini dapat terlihat bahwa siswa kelas B sebanyak 50 % siswa menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki manfaat yang sangat tinggi. Sedangkan siswa kelas A 28 % siswa menyatakan memperoleh manfaat yang sangat rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 08:12
Last Modified: 16 Jul 2012 08:12

Actions (login required)

View Item