Survei Manajemen Obyek Wisata Arum Jeram Sungai Serayu (Serayu Adventure Indonesia) Kabupaten Banjarnegara


Megawati Wulandari, 6101406559 (2011) Survei Manajemen Obyek Wisata Arum Jeram Sungai Serayu (Serayu Adventure Indonesia) Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Survei Manajemen Obyek Wisata Arum Jeram Sungai Serayu (Serayu Adventure Indonesia) Kabupaten Banjarnegara] Microsoft Word (Survei Manajemen Obyek Wisata Arum Jeram Sungai Serayu (Serayu Adventure Indonesia) Kabupaten Banjarnegara) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Olahraga tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, berbagai produk olahraga diciptakan oleh manusia salah satunya jenis olahraga rekreasi. Di Indonesia olahraga rekreasi salah satunya adalah arung jeram, yang salah satunya terdapat di Serayu Adventure Indonesia Kabupaten Banjarnegara. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem manajemen obyek wisata arung jeram Sungai Serayu yang dilakukan oleh Serayu Adventure Indonesia. Proses tersebut meliputi: a). Perencanaan Obyek Wisata Arung Jeram Sungai Serayu di Serayu Adventure Indonesia, b). Pengorganisasian Obyek Wisata Arung Jeram Sungai Serayu di Serayu Adventure Indonesia, c). Penggerakan Obyek Wisata Arung Jeram Sungai Serayu di Serayu Adventure Indonesia, d). Pengawasan Obyek Wisata Arung Jeram Sungai Serayu di Serayu Adventure Indonesia. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus Serayu Adventure Indonesia Kabupaten Banjarnegara yang melakukan proses manajerial dalam pengelolaan usaha yang dilakukan. Aspek yang diteliti adalah sistem manajemen pengelolaan obyek wisata Serayu Adventure Indonesia. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi proses pemilahan data menjadi satuan yang dapat dikelola, pengorganisasian data, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, merumuskan data dan menyusun data sebagai laporan hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Serayu Adventure Indonesia Kabupaten Banjarnegara dalam mengelola manajemen obyek wisata adalah : 1). Pengelolaan manajemen obyek wisata telah terprogram dengan baik, 2). Program yang telah dituntukan sudah dilaksanakan dengan baik, 3). Susunan organisasi sudah lengkap mulai dari direktur, manajer umum, manajer keuangan, manajer promosi, dan manajer operasional, 4). Sarana dan prasarana yang dimiliki untuk menunjang kegiatan arung jeram sudah memadai dan lengkap, 5). Dalam pencapaian target pengunjung pertahun telah tercapai. Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan Survei Manajemen Obyek Wisata Arum Jeram Sungai Serayu (Serayu Adventure Indonesia) Kabupaten Banjarnegara terprogram baik, hal ini dapat dilihat dari pengelolaan obyek wisata, pengawasan, jumlah pengunjung pertahun, tersusunnya struktur organisasi yang kesemuanya itu dapat mendukung pencapaian target pengunjung dalam bidang pariwisata. adapun beberapa saran antara lain Meningkatkan dan memelihara sarana dan prasarana arung jeram yang saat ini telah ada, meningkatkan sistem pengawasan, menambah jumlah guide melalui pelatihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Survei, Manajemen, Arung Jeram
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 12:03
Last Modified: 16 Jul 2012 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item