STUDI PEMBINAAN PRESTASI P.B DJARUM KABUPATEN KUDUS TAHUN 2010


Lenny Permata Sari, 6101406001 (2010) STUDI PEMBINAAN PRESTASI P.B DJARUM KABUPATEN KUDUS TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI PEMBINAAN PRESTASI P.B DJARUM KABUPATEN KUDUS TAHUN 2010] Microsoft Word (STUDI PEMBINAAN PRESTASI P.B DJARUM KABUPATEN KUDUS TAHUN 2010) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mencapai prestasi olahraga yang maksimal diperlukan suatu pembinaan. Selain itu juga dibutuhkan wadah atau organisasi pembinaan yang baik guna membina para atlet. Permasalahan dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah susunan organisasi yang ada pada P.B Djarum 2010. 2) Bagaimanakah program latihan dan pembinaan bulutangkis yang ada di P.B Djarum. 3) Bagaimanakah keadaan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh P.B Djarum dalam mendukung kegiatan pembinaan olahraga bulutangkis tahun 2010. Dan tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimanakah susunan organisasi di P.B Djarum tahun 2010. 2) Untuk mengetahui program latihan dan pembinaan bulutangkis yang ada di P.B Djarum. 3) Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang dimiliki oleh P.B Djarum tahun 2010. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Kabupaten Kudus. Obyek dalam penelitian ini adalah pembinaan prestasi bulutangkis yang dilakukan di P.B Djarum yang ada di Kabupaten Kudus. Sedangkan sasaran penelitian ini adalah proses pembinaan prestasi olahraga bulutangkis di klub P.B Djarum Kudus. Data diperoleh dengan menggunakan metode, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kebsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klub P.B Djarum Kudus sudah ada susunan organisasi yang sistematis, dalam melaksanakan kegiatan keorganisasian dilakukan oleh semua anggota sesuai dengan tugas masing - masing. Dalam pelaksanaan pembinaan P.B Djarum melakukan latihan empat kali dalam satu minggu. Untuk sarana dan prasarana latihan atlet P.B Djarum dikatakan memadai, untuk latihan P.B Djarum menyediakan enam belas lapangan. Untuk kantor pengurus, asrama atlet, ruang fitness dan rumah tinggal pelatih sudah tersedia. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembinaan prestasi olahraga bulutangkis yang dilakukan oleh P.B Djarum pada tahun 2010 berjalan dengan baik. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah 1) Para pengurus hendaknya menambah peralatan massage dan ahli massage, yang berguna menunjang proses latihan sehingga atlet merasa tidak jenuh dan kelelahan pada saat melakukan latihan sebanyak empat kali dalam satu minggu ( pagi 08.00 – 11.00 dan sore 18.00 – 21.00 ), 2) Para pelatih hendaknya harus memiliki sertifikat pelatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 11:52
Last Modified: 16 Jul 2012 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13494

Actions (login required)

View Item View Item