Manajemen Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang Tahun 2009


Ilham Setyawan, 6250404056 (2011) Manajemen Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Manajemen Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang Tahun 2009] Microsoft Word (Manajemen Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang Tahun 2009) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk: 1) Mengetahui manajemen Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang, 2) Mengetahui keadaan organisasi, 3) Mengetahui pola pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan, 4) Mengetahui keadaan sarana prasarana yang dimiliki, dan 4) Mengetahui prestasi yang sudah dicapai. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif, adapun sumber data dalam penelitian ini berdasarkan data yang ada pada Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara atau interview dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang saat ini sudah menjalankan berbagai fungsi manajemen dalam suatu organisasi oleh para pengurus beserta anggotanya. Keadaan organisasi Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang menyangkut keadaan sekretariat, tempat latihan dan sarana-prasarana latihan saat ini sudah memenuhi syarat berdirinya sebuah sekolah sepakbola. Pola pembinaan sudah dijalankan dengan adanya kegiatan latihan yang dilakukan secara rutin melalui latihan teknik, TC dan pertandingan persahabatan. Prestasi yang telah dicapai diantaranya adalah juara I Piala Rektor Universitas Negeri Surakarta (UNS) tahun 2011. Simpulan yang dapat diajukan dari hasil penelitian ini adalah manajemen pada Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang saat ini sudah cukup baik dimana sudah dijalankannya berbagai fungsi manajemen. Keadaan organisasi menyangkut keadaan sekretariat, tempat latihan dan sarana-prasarana latihan cukup baik dan sudah memenuhi syarat berdirinya sebuah sekolah sepakbola. Pola pembinaan sudah baik dengan adanya kegiatan latihan yang dilakukan secara rutin melalui latihan teknik, TC dan pertandingan persahabatan sehingga dapat mencapai prestasi yang cukup baik yang diantaranya adalah juara I Piala Rektor Universitas Negeri Surakarta (UNS) tahun 2011. Saran yang dapat diajukan terkait dengan hasil penelitian ini adalah : 1) Masing-masing anggota organisasi hendaknya lebih meningkatkan manajemen organisasnya, 2) PSSI perlu mengadakan pelatihan manajemen dan kepemimpinan organisasi olahraga khususnya sepakbola di tingkatan Kota atau Kabupaten, dan 3) Kepada para pelatih dan pembina perlu mengambil suatu langkah pembinaan keseluruhan untuk mengembangkan potensi yang ada, 4) Kepada pengurus klub hendaknya berusaha untuk menambah peralatan latihan sehingga keaktifan dalam latihan bisa lebih meningkat, dan 5) Kepada pemerintah Kota Semarang hendaknya dapat memberikan pendanaan untuk pengembangan klub.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sekolah Sepakbola (SSB) Bhaladika
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 11:28
Last Modified: 16 Jul 2012 11:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13490

Actions (login required)

View Item View Item