Perbedaan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Buku Saku Dan Slide Presentasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks (Studi Di Kelompok PKK Wilayah Kerja Puskesmas Jekulo Kabupaten Kudus)


Fitria Dwi Jayanti Hayuningtias, 6450407028 (2011) Perbedaan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Buku Saku Dan Slide Presentasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks (Studi Di Kelompok PKK Wilayah Kerja Puskesmas Jekulo Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Buku Saku Dan Slide Presentasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks (Studi Di Kelompok PKK Wilayah Kerja Puskesmas Jekulo Kabupaten Kudus)] Microsoft Word (Perbedaan Pendidikan Kesehatan Dengan Media Buku Saku Dan Slide Presentasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Deteksi Dini Kanker Serviks (Studi Di Kelompok PKK Wilayah Kerja Puskesmas Jekulo Kabupaten Kudus)) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Kasus kanker serviks di Indonesia diperburuk dengan 70% kasus yang baru diketahui pada stadium invasif. Program deteksi dini kanker serviks dapat mengurangi angka kanker serviks stadium invasif 54,7%. Untuk meningkatkan partisipasi wanita dalam pemeriksaan dini kanker serviks diperlukan suatu metode dan media pendidikan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan dan sikap tentang deteksi dini kanker serviks menggunakan media buku saku dan slide presentasi. Jenis dan rancangan penelitian adalah penelitian quasi experiment pretest posttest with control group. Populasi penelitian adalah anggota kelompok PKK di wilayah kerja Puskesmas Jekulo. Sampel berjumlah 90 responden yang terdiri dari 30 responden kelompok eksperimen I (media buku saku), 30 responden kelompok eksperimen II (media slide presentasi), dan 30 responden kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, buku saku, dan slide presentasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (uji t berpasangan dan uji one way anova dengan α = 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang bermakna antara skor pretest dan posttest pengetahuan (p= 0,0001) dan sikap (p= 0,0001) tentang deteksi dini kanker serviks pada kelompok eksperimen I. Terdapat perbedaan yang bermakna antara skor pretest dan posttest pengetahuan (p= 0,0001) dan sikap (p= 0,0001) tentang deteksi dini kanker serviks pada kelompok eksperimen II. Terdapat perbedaan yang bermakna antara skor pretest dan posttest pengetahuan (p= 0,0001) dan sikap (p= 0,0001) tentang deteksi dini kanker serviks pada kelompok kontrol. Terdapat perbedaan yang bermakna antara ketiga kelompok penelitian dalam meningkatkan skor pengetahuan (p= 0,0001) dan sikap (p= 0,0001) tentang deteksi dini kanker serviks. Saran yang diberikan kepada Puskesmas Jekulo yaitu melakukan pendidikan kesehatan dengan media slide presentasi tentang deteksi dini kanker serviks ke masyarakat sekitar. Ibu - ibu PKK hendaknya segera melakukan pemeriksaan serviks sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Deteksi Dini, Kanker Serviks, Media, Buku Saku, Slide Presentasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 11:23
Last Modified: 16 Jul 2012 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13489

Actions (login required)

View Item View Item