Hubungan antara Angkat dan Jarak Angkut terhadap Nyeri Punggung pada Buruh Karet di PT. Perkebunan Nusantara IX Subah


Rini Handayani, 6450406611 (2011) Hubungan antara Angkat dan Jarak Angkut terhadap Nyeri Punggung pada Buruh Karet di PT. Perkebunan Nusantara IX Subah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan antara Angkat dan Jarak Angkut terhadap Nyeri Punggung pada Buruh Karet di PT. Perkebunan Nusantara IX Subah] Microsoft Word (Hubungan antara Angkat dan Jarak Angkut terhadap Nyeri Punggung pada Buruh Karet di PT. Perkebunan Nusantara IX Subah) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Tenaga kerja merupakan faktor strategis dalam mendukung melesatnya perkembangan industri. Setiap pekerjaan merupakan beban bagi pelakunya. Penggunaan beban fisik yang terlalu berat pada saat mengangkat beban dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bagi pekerja. Lokasi penelitian di PT. Perkebunan Nusantara IX Subah merupakan perkebunan yang besar dan PT ini telah berkembang dengan tiga pusat yaitu Perkebunan Siluwok Sawangan, Perkebunan Subah, Perkebunan Kedondong. Pada buruh karet dengan rata-rata mengangkat beban antara 35-40kg. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah Hubungan antara Angkat dan Jarak Angkut terhadap Nyeri Punggung pada Buruh Karet di PT Perkebunan Nusantara IX Subah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Explanatory Reseach dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah buruh karet di PT. Perkebunan Nusantara IX Subah yang berjumlah 50 orang. Untuk responden sejumlah 32 orang. Cara memilih sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan ρ = 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan antara angkat (p =0,011), jarak angkut (p = 0,014), berat beban (p = 0,001) yang berati bahwa ada hubungan yang nyata antara angkat dan jarak angkut terhadap nyeri punggung. Saran yang diberikan kepada buruh karet sebaiknya buruh karet mengetahui batasan dan angkat beban yang benar serta lebih menggalakan program kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dengan rancangan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Angkat, Jarak Angkut, Nyeri Punggung
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 10:45
Last Modified: 16 Jul 2012 10:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13488

Actions (login required)

View Item View Item