Analisis Kelayakan Ekonomi Finansial Proyek Pembangunan Pelabuhan Terpadu Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah
Aris Rahmadianto, 7450407096 (2012) Analisis Kelayakan Ekonomi Finansial Proyek Pembangunan Pelabuhan Terpadu Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Analisis Kelayakan Ekonomi Finansial Proyek Pembangunan Pelabuhan Terpadu Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Tingginya peranan sektor industri pengolahan, perdagangan, hotel dan restoran di Kabupaten Kendal membuat pemerintah daerah harus mampu menyiapkan infrastruktur pendukung sektor tersebut, salah satunya adalah pelabuhan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah Pelabuhan Terpadu Kabupaten Kendal (PTKK) benar diperlukan dan layak dilanjutkan pembangunannya untuk mendukung perekonomian daerah di Kabupaten Kendal? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi secara ekonomi finansial, menganalisis manfaat dan biaya pembangunan PTKK tersebut. Lokasi penelitian berada di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Asumsi kelayakan yang digunakan adalah analisis peramalan, biaya dan manfaat ekonomi dan evaluasi keputusan finansial. Analisis data adalah data perekonomian Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah, perencanaan investasi awal, perencanaan biaya operasional, perencanaan pendapatan, Payback Period (PP), Internal Rate of Return (IRR), Net Present Value (NPV) dan Net Benefit Cost Ratio (Net B/C). Hasil perhitungan peramalan pada kondisi perekonomian di Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah menunjukkan tren positif yang terus berkembang hingga tahun akhir proyek, yaitu tahun 2033. Dengan analisis kriteria investasi pada asumsi tingkat suku bunga pinjaman investasi 10%, 12%, 15% dan 18% didapatkan hasil berturut-urut untuk PP sebesar 15 tahun; 19 tahun; 24 tahun dan >25 tahun, NPV sebesar 50.170.939.000; 26.518.882.000; 1.865.604.000 dan -13.118.300.000, Net B/C sebesar 1,37; 1,21; 1,01 dan 0,86 serta untuk IRR pada tingkat asumsi bunga pinjaman investasi 12%, 15% dan 18% berturut-urut sebesar 14,24%; 15,22% dan 15,37%. Pada asumsi tingkat suku bunga pinjaman 10%, 12% dan 15% proyek pembangunan PTKK layak untuk dilanjutkan, sedangkan pada asumsi tingkat suku bunga pinjaman investasi 18% proyek tidak layak untuk terus dijalankan. Keberadaan pelabuhan terpadu Kabupaten Kendal akan membantu proses kegiatan perekonomian Kabupaten Kendal jika didukung peraturan yang pro investasi dan infrastruktur akses jalan di Kabupaten Kendal berupa perbaikan jalan yang rusak serta peningkatan sarana perdagangan dan pengelolaan potensi yang lebih baik. Untuk mengantisipasi tingkat suku bunga pinjaman 18% dan atau melebihi 18%, maka perlu ditinjau kembali perencanaan biaya investasi, biaya pengoperasian dan manfaat sejak dioperasionalkannya Pelabuhan Terpadu Kebupaten Kendal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelabuhan Terpadu Kabupaten Kendal (PTKK), Kelayakan, Ekonomi Finansial. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 06:54 |
Last Modified: | 13 Jul 2012 06:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13474 |
Actions (login required)
View Item |