Analisis Konsentrasi Industri Manufaktur Besar dan Sedang di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2002-2008

Afni.Shofiyana, , 7450407013 (2012) Analisis Konsentrasi Industri Manufaktur Besar dan Sedang di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2002-2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Provinsi Jawa Tengah memiliki PDRB dengan sektor industri yang menjadi penyumbang kontribusi perekonomian tertinggi sehingga daerah yang unggul pada sektor ini lebih maju ketimbang daerah lain. Skripsi ini ingin mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi sehingga daerah-daerah ini unggul dalam industri dengan menggabungkan pola spasial yang dilihat dari disparitas di Provinsi Jawa Tengah bahwa cuma ada beberapa daerah saja yang mempunyai konsentrasi spasial dan tingkat pertumbuhan serta pendapatan tinggi yang dapat menyejahterakan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk: 1). Mengetahui letak konsentrasi spasial industri manufaktur di Jawa Tengah, 2). Menganalisis seberapa kuatkah faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi spasial industri manufaktur di Jawa Tengah, 3). Menganalisis dampak dan merekomendasikan konsentrasi spasial sebagai alternatif strategi dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah. Objek penelitian ini dilakukan pada seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah periode tahun 2002-2008. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan jenis data yang digunakan adalah data panel (deret waktu dan deret hitung). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan bantuan program Eviwes6. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa 1) secara skala ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi spasial yaitu sebesar 0,002, 2) secara parsial pendapatan per kapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi spasial yaitu sebesar 0,035, 3) secara parsial input lokal berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi spasial yaitu sebesar 0,053, 4) secara parsial biaya tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsentrasi spasial yaitu sebesar 5,33, 5) secara bersama-sama ada pengaruh antara skala ekonomi, pendapatan perkapita, input lokal, dan biaya tenaga kerja terhadap konsentrasi spasial. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh antara skala ekonomi, pendapatan perkapita, input lokal, dan biaya tenaga kerja terhadap konsentrasi spasial di Jawa Tengah. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan perekonomian Propinsi Jawa Tengah maka diperlukan kebijakan mendorong minat lokalisasi industi di daerah. Baik industri besar sedang atau pun industri kecil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Industri Manufaktur, Konsentrasi Spasial, Skala Ekonomi, Pendapatan Per Kapita, Biaya Tenaga Kerja, dan Input Lokal.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:36
Last Modified: 12 Jul 2012 04:36

Actions (login required)

View Item