ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI LISTRIK KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2009


Misnawati, 7450407004 (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI LISTRIK KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI LISTRIK KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2009] Microsoft Word (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI LISTRIK KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2009) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Listrik merupakan energi yang mempunyai peranan sangat penting bagi perkembangan suatu negara. Jawa Tengah adalah provinsi yang memiliki tingkat konsumsi listrik terbesar di Indonesia setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. Konsumsi listrik yang besar menuntut adanya peningkatan penyediaan pelayanan kebutuhan listrik bagi masyarakat di Jawa Tengah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah Produk Domestik Regional Bruto, jumlah penduduk dan konsumsi bahan bakar minyak mempengaruhi konsumsi listrik Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Bruto, jumlah penduduk dan konsumsi bahan bakar minyak terhadap konsumsi listrik Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah, variabel penelitian ini meliputi Produk Domestik Regional Bruto, jumlah penduduk, konsumsi bahan bakar minyak dan konsumsi listrik. Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel terhadap variabel konsumsi listrik Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah digunakan analisis regresi berganda dengan data panel. Time series yang digunakan adalah tahun 2006-2009. Hasil analisis regresi dengan panel data menunjukan secara bersama-sama variabel Produk Domestik Regional Bruto, jumlah penduduk dan konsumsi bahan bakar minyak berpengaruh signifikan terhadap konsumsi listrik Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah tahun 2006-2009 pada tingkat kepercayaan 99,7%. Hal ini berarti besarnya variasi variabel dependen konsumsi listrik dapat dijelaskan oleh variabel independen Produk Domestik Regional Bruto,Jumlah penduduk dan konsumsi bahan bakar minyak sebesar 99 % dan sisanya 0,3 % dijelaskan oleh variabel-variabel diluar model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Produk Domestik Regional Bruto, jumlah penduduk, konsumsi bahan bakar minyak memiliki pengaruh yang besar terhadap konsumsi listrik Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah tahun 2006-2009. Sehingga dalam penyediaan pelayanan diperlukan adanya kerja sama yang baik antara seluruh elemen. Selain itu diperlukan juga berbagai kebijakan berupa pembangunan sumber energi listrik baik renovasi maupun sumber energi baru termasuk pada energi alternatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Listrik, Produk Domestik Regional Bruto, Jumlah Penduduk, Konsumsi Bahan Bakar Minyak.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2012 07:47
Last Modified: 12 Jul 2012 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item