Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Study Kasus di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang).

Triana Dewi Windiasari , 7450407023 (2012) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Study Kasus di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Keputusan Pemilihan Pasar Swalayan Sebagai Tempat Berbelanja (Study Kasus di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang).) - Published Version
Download (370Kb)

    Abstract

    Semakin diterimanya eksistensi pasar swalayan di masyarakat, jumlah pasar swalayan di daerah Kecamatan Ngaliyan semakin banyak sehingga konsumen lebih cenderung memilih pasar swalayan sebagai tempat untuk berbelanja. Hal ini membuat para pemilik perusahaan berusaha mempertahankan pelanggannya agar mereka tidak beralih ke pesaingnya. Adapun faktor-faktor yang dapat menjadi pertimbangan konsumen memilih pasar swalayan adalah lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap serta tersedianya kualitas barang yang baik dan produk yang beragam. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Lokasi, fasilitas pasar, dan keragaman barang terhadap keputusan dalam pemilihan pasar swalayan sebagai tempat berbelanja di kecamatan Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari observasi langsung, kuesioner yang disebarkan, serta wawancara singkat dengan konsumen. Teknik Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah digunakan cara sampel wilayah atau proporsional area random sampling yaitu konsumen yang berbelanja di dua pasar swalayan di Kecamatan Ngaliyan sebanyak 125 responden. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di swalayan ONO dan swalayan Aneka Jaya di Kecamatan Ngaliyan. Hasil analisis dengan menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara variabel lokasi, fasilitas, serta keragaman barang dengan keputusan konsumen dalam memilih tempat belanja. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung sebesar 41,386 dibandingkan dengan F tabel sebesar 2,29, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah 49,4% dan sisanya 50,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model penelitan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor lokasi, fasilitas, dan kualitas barang berpengaruh terhadap keputusan pemilihan tempat belanja pada beberapa pasar swalayan yang ada di Kecamatan Ngaliyan. Saran yang dapat diberikan adalah swalayan hendaknya memasang baliho dengan ukuran yang besar dan pewarnaan cat dinding swalayan yang menarik. Melengkapi fasilitas yang ada, dan memberi papan petunjuk letak toilet serta menambah fasilitas tempat makan atau restoran. Pengelola pasar hendaknya lebih konsisten melakukan koordinasi dengan para pedagang untuk mencapai pengelolaan pasar yang lebih baik. Pemerintah hendaknya lebih responsif terhadap kondisi fisik pasar dan lingkungan pasar tradisional di Kecamatan Ngaliyan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lokasi, Fasilitas, Kualitas Barang, Regresi Linier Berganda
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 Jul 2012 03:29
    Last Modified: 12 Jul 2012 03:29

    Actions (login required)

    View Item