“Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Visual Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga


Favesri Shintawati, 7101407294 (2011) “Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Visual Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Visual Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  Kelas XI  Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga] Microsoft Word (“Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Visual Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampaian pesan atau media. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan oleh guru dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kelas XI D yang belum tuntas 44% dan untuk kelas XI E yang belum tuntas 40%. Dalam pembelajaran mata pelajaran Mengelola Peralatan Kantor di SMK PGRI 2 Salatiga, hasil tersebut belum optimal karena pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan guru menjelaskan hanya dengan metode konvensional dengan menggunakan buku teks wajib. Walaupun sekolah tersebut sudah tersedia LCD (liquid cristal display) dan komputer tetapi guru belum memanfaatkan vasilitas tersebut untuk proses pembelajaran. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai ”Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Visual Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Pada Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI D jurusan Adminitrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga tahun ajaran 2010/2011. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus dan lembar observasi untuk siswa dan guru serta angket tanggapan siswa. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 78 dengan ketuntasan klasikal 76, 31%. Rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 86 dengan ketuntasan klasikal 100%. Besarnya persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 10,22%. Adapun sikap siswa pembelajaran pada siklus I sebesar 68% dan pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 88% sedangkan kinerja guru pada siklus I sebesar 82% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan Adminitrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : Guru AP di SMK PGRI 2 Salatiga dapat menerapkan media pembelajaran macromedia flash 8 pada mata pelajararan mengelola peralatan kantor pada kompetensi dasar merawat peralatan kantor, karena terbukti mampu meningkatakan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Visual Berbasis Macromedia Flash 8
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:15
Last Modified: 12 Jul 2012 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item View Item