Efektifitas Penerapan Media Komik Strip terhadap Prestasi Belajar Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kendal


Suparti, 7101407281 (2011) Efektifitas Penerapan Media Komik Strip terhadap Prestasi Belajar Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Penerapan Media Komik Strip terhadap Prestasi Belajar Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kendal] Microsoft Word (Efektifitas Penerapan Media Komik Strip terhadap Prestasi Belajar Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kendal) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu sarana untuk mengetahui tingkat sejauh mana siswa memahami suatu materi yang diajarkan. Prestasi balajar dijadikan suatu indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran dan ditunjukkan dengan nilai. Diharapkan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang baik yaitu dapat mencapai KKM yang ditetapkan yaitu > 65. Akan tetapi, pada kenyataannya masih terdapat banyak siswa yang memiliki prestasi belajar rendah, dimana sebesar 38,53% siswa memiliki prestasi belajar di bawah 65.Penyebabnya karena guru masih menggunakan media konvensional, penggunaan media pun masih belum diterapkan sehingga siswa mengaku bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media Komik strip terhadap prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui keaktifan siswa saat melakukan proses pembelajaran dengan media Komik strip. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 357 siswa kelas XA sampai XI di Madrasah Aliyah Negeri Kendal yang terbagi ke dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, didapat kelas X D sebagai kelas eksperimen dan kelas XC sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan metode tes. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji Iindependent Sample t Test . Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis pada data deskriptif dapat diketahui bahwa nilai rata- rata pre tes kelas eksperimen adalah 61,48 dan post tes adalah 80.28 sehingga dapat disimpulkan terjadi kenaikan nilai rata- rata prestasi siswa setelah dilaksanakan treatment sebesar 18,80 %. Pembelajaran dengan media komik strip dinyatakan efektif karena sebesar 95% siswa dinyatakan tuntas. Pembelajaran dengan media komik strip mampu meningkatkan keaktifan siswa yaitu sebesar 63% siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan media komik strip mampu meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kendal. Saran yang diberikan dengan hasil penelitian ini yaitu: Guru ekonomi Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Kendal, hendaknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media komik strip pada pokok bahasan ekonomi lainnya yang sesuai, guru perlu mempelajari berbagai media lain yang dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Komik Strip, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:09
Last Modified: 12 Jul 2012 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13441

Actions (login required)

View Item View Item