Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan PAKEM bagi siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan


Nur Mustaqimah, 71041407218 (2011) Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan PAKEM bagi siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan PAKEM bagi siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan] Microsoft Word (Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS melalui Pendekatan PAKEM bagi siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pembelajaran IPS Terpadu dikatakan belum optimal karena kurang memanfaatkan pendekatan pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar maka menggunakan Pendekatan PAKEM pada mata pelajaran IPS Terpadu. Berdasarkan uraian tersebut, maka permasalahannya apakah pendekatan PAKEM dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu bagi siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui Pendekatan PAKEM dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu bagi siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data ini adalah Tes, lembar observasi kinerja guru dan motivasi siswa, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh siklus I sebesar 73,5% atau sebanyak 9 siswa berpredikat belum tuntas, yang artinya masih di bawah KKM. Hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 91,2% atau sebanyak 31 siswa berpredikat tuntas. Kinerja guru pada siklus I adalah sebesar 67,5% sedangkan pada siklus II adalah sebesar 82,5%. Angket motivasi siswa pada Siklus I yaitu sebesar 70%, menyatakan baik dalam tingkat motivasi belajarnya dan pada Siklus II yaitu sebesar 82,5% menyatakan sangat baik dalam tingkat motivasi belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan motivasi an prestasi belajar siswa melalui pendekatan PAKEM bagi siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan Kabupaten Pekalongan. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: Sekolah sebaiknya memberikan sarana dan prasarana untuk guru dan siswa. Guru disarankan menggunakan pendekatan dalam pembelajaran. Siswa hendaknya banyak belajar aktif dan kreatif dalam belajar. Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperpanjang waktu observasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi, Pendekatan PAKEM, dan IPS Terpadu
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 03:26
Last Modified: 12 Jul 2012 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item View Item