Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Mata Dilklat Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Semarang

Noor Fa’iz, 7101407173 (2012) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Mata Dilklat Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Data penelusuran tamatan di SMK Negeri 2 Semarang menunjukkan bahwa persentase lulusan yang berwirausaha relatif rendah berkisar 8-10%, sedangkan dari prestasi belajar mata diklat kewirausahaan telah mencapai ketuntasan belajar. Waktu sebagian besar siswa berada di lingkungan keluarga, sehingga diprediksi bahwa minat berwirausaha siswa dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, sehingga perlu diuji secara empris apakah ada pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Semarang? Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Semarang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 2 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang diteliti sebanyak 91 siswa. Adapun variabel yang diteliti adalah lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan sebagai variabel bebas serta minat berwirausaha sebagai variabel terikat. Data lingkungan keluarga dan minat berwirausaha diukur dari kuesioner sedangkan prestasi belajar kewirausahaan diperoleh dari dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan regresi ganda dengan bantuan program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoranSMK Negeri 2 Semarang, terbukti dari nilai pvalue = 0,000 < 0,05. Prestasi belajar mata diklat kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Semarang, terbukti dari nilai p value = 0,118 > 0,05. Lingkungan keluarga dan prestasi belajar mata diklat kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Semarang, terbukti dari nilai p value = 0,000 < 0,05. Disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha, namun prestasi belajar kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XI Adminsitrasi Perkantoran SMK N 2 Semarang. Secara bersama-sama lingkungan keluarga dan prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Minat Berwirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 23:15
Last Modified: 11 Jul 2012 23:15

Actions (login required)

View Item