Pengaruh Disiplin Belajar dan Iklim Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011


Nining Sulistiyani, 7101407073 (2011) Pengaruh Disiplin Belajar dan Iklim Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Disiplin Belajar dan Iklim Kelas terhadap  Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pengaruh Disiplin Belajar dan Iklim Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Hasil observasi awal menunujukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa di SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011 masih tergolong rendah.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh disiplin belajar dan iklim kelas terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal tahun pelajaran 2010/2011 baik secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan iklim kelas terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal tahun pelajaran 2010/2011 baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 115 siswa. Sampel penelitian sebanyak 89 siswa yang ditentukan dengan teknik propotionate random sampling. Metode pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis inferensial. Hasi perhitungan analisis regresi diperoleh Y = 39,579 + 0,342 X1 + 0,193 X2. Hasil perhitungan besarnya pengaruh secara simultan disiplin belajar dan iklim kelas memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 62,2%. Secara parsial besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 23,8%, sedangkan besaranya iklim kelas sebesar 9,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan iklim kelas terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Boja Kab. Kendal tahun pelajaran 2010/2011 baik secara simultan maupun parsial. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, perlu meningkatkan disiplin belajar, yaitu dengan menaati peraturan dan tata tertib sekolah, tertib saat belajar di kelas, taat dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, rajin dan teratur belajar, dan taat terhadap kegiatan belajar di rumah. Disamping itu, prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menciptakan iklim kelas yang kondusif dan lebih baik. Oleh karena itu semua pihak yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa harus berperan dengan baik agar iklim kelas dapat terbentuk dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Disiplin Belajar, Iklim Kelas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 03:06
Last Modified: 12 Jul 2012 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13425

Actions (login required)

View Item View Item