Pengaruh Etika Dan Kepribadian Guru Terhadap Profesionalisme Guru Ekonomi SMA/MA Negeri Dan Swasta Se-Kota Tegal


Syifa Dwi Handayani, 7101407062 (2011) Pengaruh Etika Dan Kepribadian Guru Terhadap Profesionalisme Guru Ekonomi SMA/MA Negeri Dan Swasta Se-Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Etika Dan Kepribadian Guru Terhadap Profesionalisme Guru Ekonomi SMA/MA Negeri Dan Swasta Se-Kota Tegal] Microsoft Word (Pengaruh Etika Dan Kepribadian Guru Terhadap Profesionalisme Guru Ekonomi SMA/MA Negeri Dan Swasta Se-Kota Tegal) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Profesionalisme guru dapat diketahui melalui sikap guru terhadap tugas dan pekerjaannya sebagai seorang guru. Profesionalisme guru tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah etika dan kepribadian guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh etika terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA Negeri dan Swasta se-Kota Tegal?, (2) Adakah pengaruh kepribadian guru terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA Negeri dan Swasta se-Kota Tegal?, (3) Adakah pengaruh etika dan kepribadian guru terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA Negeri dan Swasta se-Kota Tegal?. Populasi dalam penelitian adalah semua guru ekonomi SMA/MA Negeri dan Swasta se-Kota Tegal yang berjumlah 36 guru. Variabel yang diteliti yaitu etika dan kepribadian guru serta profesionalisme guru. Metode pengumpulan data yang digunakan angket (kuesioner). Instrumen yang disusun kemudian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan bantuan program SPSS. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa etika dalam kategori tinggi (50.00%), kepribadian guru tinggi (52.78%), dan profesionalisme dalam kategori tinggi (63.89%), Ada pengaruh signifikan antara etika dan kepribadian guru terhadap profesionalisme baik secara simultan maupun secara parsial. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung 20.720 dengan sig 0,000 < 0,05 dengan pengaruhnya 53.00%. Uji t untuk etika sebesar 2.316 dengan sig 0,000 < 0,05 besar pengaruhnya 13.99%. Uji t untuk kepribadian guru sebesar 4.587 dengan sig 0,000 < 0,05 besar pengaruhnya 38.94%. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh signifikan antara etika dan kepribadian guru terhadap profesionalisme guru ekonomi SMA/MA Negeri dan Swasta se-Kota Tegal baik secara simultan maupun parsial dan variabel yang paling berpengaruh adalah kepribadian guru diikuti etika. Sarannya, sebaiknya guru lebih meningkatkan etika dengan cara mentaati dan menjalankan kode etik profesi guru untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan. Serta guru lebih memiliki kepribadian yang kompeten agar dapat meningkatkan profesionalismenya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etika, Kepribadian Guru, Profesionalisme Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 03:00
Last Modified: 12 Jul 2012 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item View Item