Pengaruh Penguasaan Materi Akuntansi Dasar, Pengantar Komputer, dan Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang


Qoni’atuzzuhro, 7101407052 (2011) Pengaruh Penguasaan Materi Akuntansi Dasar, Pengantar Komputer, dan Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penguasaan Materi Akuntansi Dasar, Pengantar Komputer, dan Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Penguasaan Materi Akuntansi Dasar, Pengantar Komputer, dan Bahasa Inggris Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Dengan Motivasi Berprestasi Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Prestasi belajar komputer akuntansi dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya penguasaan materi akuntansi dasar, pengantar komputer, bahasa inggris, dan motivasi untuk berprestasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara penguasaan materi akuntansi dasar, pengantar komputer, bahasa inggris, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar komputer akuntansi secara simultan maupun parsial, serta untuk mengetahui apakah motivasi berprestasi merupakan variabel moderating yang memoderasi hubungan antara penguasaan materi akuntansi dasar, komputer, bahasa inggris terhadap prestasi belajar komputer akuntansi atau bukan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakulats Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2007 dan 2008 yang telah menempuh mata kuliah komputer akuntansi sejumlah 227 mahasiswa. Sampel berjumlah 145 mahasiswa dengan menggunakan teknik Stratified Proporsional Random Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan kuisioner. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif persentase, uji prasyarat regresi, uji asumsi klasik, dan analisis regresi dengan menggunakan variabel moderating. Hasil penelitian dari uji secara simultan menunjukan secara bersama-sama penguasaan materi akuntansi dasar, pengantar komputer, bahasa inggris dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap prestasi belajar komputer akuntansi sebesar 54,2% dengan tingkat signifikansi 0,000. Hasil uji parsial menunjukan bahwa penguasaan materi akuntansi dasar, pengantar komputer, bahasa inggris, dan motivasi berprestasi secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar komputer akuntansi. Sedangkan, uji moderating menunjukan bahwa motivasi berprestasi tidak memoderasi hubungan antara penguasaan materi akuntansi dasar, pengantar komputer, bahasa inggris terhadap prestasi belajar komputer akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh antara penguasaan materi akuntansi dasar, pengantar komputer, bahasa inggris dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar komputer akuntansi baik secara simultan ataupun secara parsial, sehingga mahasiswa hendaknya lebih menyadari dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti mata kuliah dasar, serta diharapkan untuk lebih meningkatkan motivasi untuk berprestasi dengan memperbaiki cara belajar agar pencapaian prestasi belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Komputer Akuntansi, Penguasaan Materi, Akuntansi Dasar, Pengantar Komputer, Bahasa Inggris, Motivasi Berprestasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:53
Last Modified: 12 Jul 2012 02:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item View Item