Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 1 Subah Tahun Pelajaran 2010/2011


Yulia Dewi, 7101407042 (2011) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 1 Subah Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 1 Subah Tahun Pelajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 1 Subah Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Prestasi belajar kelas XI IPS mata pelajaran akuntansi di SMA N 1 Subah belum maksimal. Hal ini disebabkan adanya faktor ekstern maupun faktor intern, diantaranya adalah kecerdasan emosional dan kreativitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh antara kecerdasan emosional dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 1 Subah tahun pelajaran 2010/2011, pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 1 Subah tahun pelajaran 2010/2011, pengaruh antara kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 1 Subah tahun pelajaran 2010/2011. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Subah yang berjumlah 139 siswa. Variabel yang diteliti yaitu kecerdasan emosional dan kreativitas belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 0,554 + 0,491X1 + 0,370X2 + e. Kontribusi pengaruh antara kecerdasan emosional dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 1 Subah sebesar 45,3%. Pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar sebesar 23,2%, dan pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar sebesar 11,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada pengaruh pengaruh antara kecerdasan emosional dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA N 1 Subah tahun pelajaran 2010/2011. Saran penulis antara lain sebaiknya guru dapat meningkatkan sikap empati para siswa dengan melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain melalui forum diskusi,sifat rasa ingin tahu siswa ditingkatkan dengan aktif mengajukan pertanyaan jika mengalami kesulitan dalam belajar akuntansi dan tidak mudah putus asa bila mengalami kegagalan serta siswa berusaha mencoba kembali memperbaiki kegagalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional, Kreativitas Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:49
Last Modified: 12 Jul 2012 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item View Item