Pengaruh karakteristik kepribadian guru dan kompetensi guru terhadap minat belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kendal

Darmawan Rizkyandrianto, 7101407006 (2011) Pengaruh karakteristik kepribadian guru dan kompetensi guru terhadap minat belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Salah satu faktor utama untuk mencapai sukses dalam berbagai bidang, baik itu berupa studi, kerja, hobi atau aktivitas apapun ialah minat. Minat merupakan bentuk sikap ketertarikan atau sepenuhnya terlibat dengan suatu kegiatan karena menyadari betapa pentingnya atau bernilainya kegiatan tersebut. Dengan minat yang tinggi diharapkan siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik kepribadian guru dan kompetensi guru teradap minat belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 3 kelas. Populasi penelitian adalah 120 siswa, yang seluruhnya diambil sebagai responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengaruh karakteristik kepribadian guru dan kompetensi guru, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar akuntansi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Hasil uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel karakteristik kepribadian guru sebesar 3,599 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0.000 dan nilai thitung untuk variabel kompetensi guru sebesar 3,191 dengan probabilitas signifikansi sebesar 0.002. hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 57,599 dengan probabilitas 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 48,8%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh karakteristik kepribadian guru terhadap minat belajar akuntansi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kendal, dan ada pengaruh kompetensi guru terhadap minat belajar akunansi pada siswa SMK Negeri 1 Kendal, dan ada pengaruh karakteristik kepribadian guru dan kompetensi guru terhadap minat belajar akunansi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kendal. Minat belajar akuntansi dapat dijelaskan oleh dua variable yaitu karakteristik kepribadian guru dan kompetensi guru sebesar 48,8%. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: Bagi para siswa hendaknya menjaga sikap yang baik pada saat pelajaran yang dilaksanakan bapak/ibu guru sedang berlangsung. Bagi sekolah dan para guru lebih berempati terhadap masalah-masalah yang sedang dihadapi siswa, baik masalah dalam mengalami kesulitan belajar atau masalah di luar dari pelajaran. Seorang guru tidak hanya harus memiliki kompetensi yang baik tapi juga harus memiliki hati nurani, kepedulian, kepatuhan terhadap aturan, dan kompetisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik kepribadian guru, kompetensi guru, dan minat belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 22:43
Last Modified: 11 Jul 2012 22:43

Actions (login required)

View Item