Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar IPS Terpadu Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011
Monalisa Nur Hidayatun, 7101406565 (2011) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar IPS Terpadu Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar IPS Terpadu Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarnegara dari 186 siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 144 siswa (77,4%) dan yang belum memenuhi KKM 42 siswa (22,6%) pada ulangan tengah semester ganjil dengan Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat tahun ajaran 2010/2011. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, menunjukkan bahwa siswa mengalami keberhasilan belajar. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan belajar dan faktor apa yang paling dominan terhadap keberhasilan belajar IPS Terpadu dengan Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan belajar IPS Terpadu dengan Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat dan untuk mengetahui faktor-faktor keberhasilan belajar yang dominan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarnegara tahun ajaran 2010/2011 yang telah mencapai nilai ulangan tengah semester ganjil dengan Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat di atas KKM berjumlah 144 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis faktor menunjukkan ada 5 faktor yang terbentuk yaitu: 1) Faktor Guru dan Kurikulum (38,052%),2) Psikologi Siswa (8,154%),3) Lingkungan Sosial Siswa (7,873%), 4) Kedisiplinan Siswa (7,010%), 5) Kedewasaan Siswa (6,154%). Faktor keberhasilan belajar yang dominan yaitu Faktor Guru dan Kurikulum (38,052%). Berdasarakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terbentuk 5 faktor dengan 17 variabel yang mempengaruhi keberhasilan belajar IPS Terpadu dengan Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarnegara yang berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal serta faktor yang dominan. Saran yang dapat diajukan adalah: (1) Minat siswa terhadap mata pelajaran IPS Terpadu masih kurang, guru diharapkan mampu meningkatkan minat siswa dengan cara menyampaikan materi dikaitkan dengan hal-hal yang sedang berkembang saat ini terutama yang berkaitan dengan pelaku ekonomi yang mendukung cita-cita siswa dimasa yang akan datang untuk menarik minat siswa, (2) Disiplin sekolah masih sering dilanggar oleh siswa, diharapkan pihak sekolah lebih tegas lagi dalam mengatasi masalah pelanggaran siswa, dengan cara tiap bulan sekali mengadakan operasi terhadap tata tertib yang harus ditaati oleh siswa. Jika ada siswa yang terkena pelanggaran harus diberi hukuman yang sesuai dengan tingkat kesalahannya. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Keberhasilan Belajar, IPS Terpadu dengan Standar Kompetensi Memahami Kegiatan Pelaku Ekonomi Di Masyarakat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 02:37 |
Last Modified: | 12 Jul 2012 02:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13417 |
Actions (login required)
View Item |