Keefektifan Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA KH. Syafi’i Buaran Kota Pekalongan Pada Pokok Bahasan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Tahun Ajaran 2010/2011


Bahtiar Amin Zuhri, 7101406084 (2011) Keefektifan Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA KH. Syafi’i Buaran Kota Pekalongan Pada Pokok Bahasan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction)  Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA KH. Syafi’i Buaran Kota Pekalongan Pada Pokok Bahasan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang ...] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA KH. Syafi’i Buaran Kota Pekalongan Pada Pokok Bahasan Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang ...) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dinilai cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa yang berkualitas. Observasi awal di MA KH Syafi’i Pekalongan menunjukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Untuk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa maka dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA dan XB MA KH Syafi’i Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah soal evaluasi hasil belajar dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian dapat dilihat dari perbedaan rata-rata motivasi belajar setelah pembelajaran dapat diketahui nilainya sebesar 6,971, karena nilainya lebih besar dari t tabel (1,67), maka Ho ditolak dan Ha diterima. kemudian data postest dari kedua kelompok, dari hasil perhitungan diperoleh t hitung (5,402) > t tabel (1,67). Hal ini menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran ARIAS lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan model konvensional dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MA KH. Syafi’i Buaran kota Pekalongan pada pokok bahasan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini antara lain : Model pembelajaran ARIAS perlu terus dikembangkan dan dapat dijadikan alternatif bagi guru karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswa. pembelajaran ARIAS perlu diterapkan pada materi yang lain yang sesuai sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai keterkaitan antara materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa. Perlu penelitian lebih lanjut agar diketahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil proses pembelajaran menggunakan model ARIAS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ARIAS, Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:34
Last Modified: 12 Jul 2012 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item View Item