Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Semarang


Sany Widayanti, 7351308022 (2011) Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan pegawai dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan, diketahui bahwa terdapat beberapa pegawai pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Semarang yang kurang mengoptimalkan waktu kerjanya. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan disiplin kerja pegawai. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, (1) Bagaimana upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai? (2) Hambatan apa yang dihadapi dalam upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai? , sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya-upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai, (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang berupa penelitian tentang disiplin kerja pegawai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka, sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu bentuk argumen dan pemaparan tentang suatu hal yang ingin dikaji dan kemudian hasil penelitian merupakan simpulan dari fakta dan teori. Hasil penelitian mengenai upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan transmigrasi Kabupaten Semarang yaitu dengan kepemimpinan yang didukung dengan dedikasi dan semangat untuk menjalankan instansi yang dilandasi dengan disiplin, memberikan hukuman dan sanksi, memberikan pembinaan dengan keteladanan-keteladanan dan pemberian penghargaan. Hambatan yang dihadapi yaitu masih adanya pegawai yang tidak tepat waktu dalam bekerja dan pimpinan tidak melakukan pengawasan secara langsung terhadap pegawai. Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa dalam upaya meningkatkan disiplin kerja pegawai dapat dilakukan dengan kepemimpinan, memberikan hukuman dan sanksi, memberikan pembinaan dan pemberian penghargaan.Saran bagi bagi pimpinan sebaiknya melakukan pendekatan dan pengamatan langsung agar dapat mengetahui keluhan dan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan pegawai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin,Kerja,Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:05
Last Modified: 12 Jul 2012 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13412

Actions (login required)

View Item View Item