Pengelolaan Arsip Register Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang


Maftukhah Nurbaiti, 7351308016 (2011) Pengelolaan Arsip Register Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengelolaan Arsip Register Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Pengelolaan Arsip Register Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Sekarang ini, perkembangan ilmu dan teknologi sangat pesat terutama informasi telah menjadi kebutuhan mutlak dan menjadi bagian yang sangat penting dalam fungsi manajemen di dalam menghadapi perubahan situasi dan kondisi yang berkembang dengan cepat. Untuk dapat mengolah manajemen diperlukan informasi yang cepat, akurat dan lengkap, maka diperlukan arsip. Arsip selain sebagai sumber informasi juga merupakan alat bukti yang sah di pengadilan apabila terjadi sengketa hukum dalam kehidupan masyarakat dan sebagai aset bagi organisasi atau perorangan. Adapun tujuan dari penelitian ini : (1) Untuk mengetahui pengelolaan arsip register akta kelahiran pada DISPENDUKCAPIL Kab. Semarang (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi DISPENDUKCAPIL Kab. Semarang dalam pengelolaan arsip register akta kelahiran. Jenis data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data secara deskriptif yaitu untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian. Hasil penelitian menunjukkan penataan dan penyimpanan arsip pada DISPENDUKCAPIL Kab. Semarang meliputi : pemeriksaan, penentuan indeks, pensortiran, penyimpanan. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan yaitu map ordner dan rak terbuka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan : (1) pengelolaan arsip register akta kelahiran pada DISPENDUKCAPIL Kab. Semarang meliputi penataan dan penyimpanan arsip, peminjaman arsip, penemuan kembali arsip, pengamanan dan pemeliharaan arsip, serta penyusutan arsip. (2) terbatasnya pegawai yang mengelola arsip dan fasilitas yang kurang memadai. Penulis memberikan saran : (1) perlu penambahan pegawai arsip (2) penambahan fasilitas kearsipan dan perluasan ruangan arsip untuk menunjang pengelolaan arsip agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Arsip Register Akta Kelahiran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 02:02
Last Modified: 12 Jul 2012 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item