Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Semarang


Titik Rohyati, 7351308010 (2011) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Semarang] Microsoft Word (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang dapat dijadikan sebagai indikator keberhasilan pegawai dalam melaksanakan tugas profesionalnya. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa terdapat beberapa pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang kurang menggunakan waktu dalam dalam melaksanakan pekaerjaannya secara maksimal. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang untuk meningkatkan disiplin kerja pegawainya. Permasalahan yang akan dikaji penulis dalam penelitian ini terdiri dari kondisi tingkat kedisiplinan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang dan upaya apa saja untuk meningkatan disiplin kerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang . Jenis data yang digunakan oleh penulis berupa jenis data primer dan data sekunder yang berupa hasil penelitian tentang disiplin pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah menggunakan metode analisis secara deskripsi yaitu data yang diperoleh dari wawancara kemudian disusun secara sistematis dalam bentuk tugas akhir. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pelaksanaan Displin Pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang sudah berjalan dengan baik, tetapi belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya pegawai yang tidak mengikuti apel, terlambat masuk kantor, meninggalkan pekerjaan kantor untuk kepentingan lain. Upaya yang dilakukan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten semarang untuk meningkatkan kedisiplinan diantaranya: memberikan penghargaan pegawai yang telah melaksanakan tugas dengan baik, memberikan sanksi dan hukuman, keteladanan pimpinan, dan memberikan pembinaan dan pengawasan sehingga kedisiplinan dapat terwujud dengan baik. Saran yang disampaikan penulis berdasarkan hasil penelitian adalah bagi pegawai yang belum melaksanakan kedisiplinan sesuai dengan Peraturan Pemerintah no. 53 tahun 2010 pasal 1, ayat 1, tentang kesanggupan menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan atau kedinasan yang apabila dilanggar akan dijatuhi hukuman disiplin, diharapkan untuk lebih meningkatkan kedisiplinan, serta dapat mengubah perilaku yang tidak sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku, hal ini bertujuan agar tingkat kedisiplinan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin, kerja, pegawai
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 01:56
Last Modified: 12 Jul 2012 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13409

Actions (login required)

View Item View Item