Sistem Kearsipan di bagian Tata Usaha pada Dinas Sosial Tenaga Kerja da Transmigrasi Kabupaten Semarang


Nanik Wulan Sari, 7351308002 (2011) Sistem Kearsipan di bagian Tata Usaha pada Dinas Sosial Tenaga Kerja da Transmigrasi Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sistem Kearsipan di bagian Tata Usaha pada Dinas Sosial Tenaga Kerja da Transmigrasi Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Sistem Kearsipan di bagian Tata Usaha pada Dinas Sosial Tenaga Kerja da Transmigrasi Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Dalam suatu instansi terdiri dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai, menyusun rencana kerja. Alam sistem kearsipan di suatu instansi ada tata cara yang baik, seperti penyimpanan arsip, perawatan arsip sampai dengan pemusnahannya. Oleh karena itu arsip di kelola menggunakan sistem pengarsipan yang baik dan benar. Perrmasalahan pada penelitian ini adalah Bagaimana sistem kearsipan di bagian tata usaha, kendala-kendala apa yang dihadapi dalam sistem kearsipan di bagian tata usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem kearsipan di bagian tata usaha pada Dinas sosial tenaga kerja dan transmigrasi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah : jenis data terdiri dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, studi pustaka. Dalam penelitian ini penulis menganalisis data secara deskriptif, yaitu memaparkan tentang suatu obyek sebagian adanya pada suatu waktu. Sistem pengelolaan meliputi : sistem penyimpanan arsip, peminjaman arsip, penemuan kembali arsip, pemeliharaan dan pengamanan arsip, pemusnahan arsip. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan kearsipan di antaranya : ruang penyimpanan arsip masih bercampur dengan ruang kerja, tidak dapat menemukan arsip dengan cepat, peminjaman arsip masih menggunakan cara manual, peralatan kearsipan belum mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Berdasarkan pembahasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem kearsipan di bagian Tata Usaha pada Dinsosnakertrans sebagian besar sudah sesuai dengan teori yang ada. Pengelolaan arsip yang baik akan memudahkan kegiatan perkantoran. Saran yang diberikan oleh penulis adalah: sebaiknya ditambah ruang khusus guna untuk mengumpulkan arsip yang akan disimpan, untuk peralatan dan perlengkapan sebaiknya menggunkan komputer agar memudahkan dalam pencarian, di tambah petugas arsip khusus untuk menangani arsip.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Arsip
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 01:51
Last Modified: 12 Jul 2012 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13407

Actions (login required)

View Item View Item