Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Anggota pada Koperasi Andalan Pemalang


Agus Aji Wibowo, 3352405619 (2011) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Anggota pada Koperasi Andalan Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Anggota pada Koperasi Andalan Pemalang] Microsoft Word (Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Anggota pada Koperasi Andalan Pemalang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Loyalitas anggotanya kepada koperasi sangat penting, karena denagn adanya loyalitas anggota maka koperasi dapat bertahan usahanya. Salah satu factor yang mempengaruhi loyalitas anggota adalah kualitas layanannya. rumusan masalah adakah pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas anggota pada koperasi andalan pemalang. tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas anggota pada koperasi andalan pemalang. hipotesis ada pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas anggota koperasi pada koperasi andalan pemalang. Populasi yang diambil adalah seluruh anggota koperasi andalan pemalang yang melakukan utang per 31 desember 2009, yaitu sebanyak 384 anggota. Sampel pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu “secara acak dipilih dua kelas sebagai sampel, dengan syarat populasi tersebut harus bersifat normal dan homogen. jadi jumlah sampel yang diambil sebesar 195.92, dibulatkan menjadi 196 anggota. metode penelitian penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif persentase dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap loyalitas anggota pada koperasi andalan pemalang, yang ditunjukan dalam uji t,sedangkan untuk analisi regresinya kualitas layanan memberi pengaruh terhadap loyalitas yaitu sebesar 0,446 (44,6%), dan koefisien determinasinya adalah 0,428 (42,8%) ini menunjukan variabel kualitas layanan hanya mempengaruhi variabel loyalitas sebesar 42,8% dan 57,2% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas layanan terhadap loyalitas anggota pada koperasi andalan pemalang. Kesimpulan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh koperasi andalan pemalang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas anggotanya. Ini berarti hasil penelitian diatas sama dengan tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui adakah pengaruh kualitas layanan yang diberikan oleh koperasi andalan pemalang terhadap loyalitas anggotanya. Saran untuk Koperasi Andalan Pemalang perlu meningkatkan kualitas layanannya yaitu dengan dengan cara meningkatkan kemampuan pegawainya dengan pemberian keterampilan bekerja yang baik, memperhatikan bentuk-bentuk pelayanan baru (seperti pemenuhan fasilitas fisik yang lebih baik, menabah jenis produk, pelatihan karyawan mengenai bagaimana melakukan pelayanan terhadap konsumen secara benar, memberikan merchandise yang membeli barang dengan total belanja yang besar), meningkatkan promosi untuk menarik konsumen;.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan dan Loyalitas Anggota
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 12:36
Last Modified: 11 Jul 2012 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item