Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah 2007-2009


Yoannes Abra Wira Atmaja, 7450407007 (2011) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah 2007-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah 2007-2009] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah 2007-2009) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Pembangunan ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu negara antara lain adalah dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada didalamnya. Akan tetapi, dalam praktik sesungguhnya untuk mencapai kesejahteraan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk mencapainya. Keberadaan pengangguran merupakan salah satu faktor yang menghambat dalam proses kegiatan perekonomian. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah apakah pertumbuhan ekonomi dan upah minimum mempengaruhi besarnya tingkat pengangguran Terbuka kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian adalah guna mengetahui sejauh mana pertumbuhan ekonomi dan upah minimum mempengaruhi tingkat pengangguran terbuka kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan regresi berganda dan menggunakan data panel. Pengujian dilakukan dengan bantuan software komputer E-views 6.0 dan data yang digunakan adalah data yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan pada taraf 5%. Sedangkan upah minimum juga berpengaruh negatif dan signifikan pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa secara parsial maupun serentak pertumbuhan ekonomi dan upah minimum berpengaruh terhadap tingkat pengangguran terbuka kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2007-2009. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah diharapkan dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan dapat menaikkan kembali besarnya upah minimum yang telah ditetapkan selama ini sehingga hal tersebut diharapkan dapat dijadikan salah satu solusi terbaik dalam mengatasi masalah tingkat pengangguran terbuka yang terjadi pada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengangguran Terbuka, Upah Minimum, Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 12:23
Last Modified: 11 Jul 2012 12:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13381

Actions (login required)

View Item View Item