Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Kacang Hijau di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus


Mianita Kavitao, 7450406570 (2011) Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Kacang Hijau di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Kacang Hijau di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus] Microsoft Word (Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi pada Usahatani Kacang Hijau di Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Faktor-faktor produksi merupakan syarat mutlak dalam sebuah proses produksi. Dalam pertanian, faktor-faktor produksi terdiri dari luas lahan, bibit, pestisida dan tenaga kerja. Masing-masing faktor produksi tersebut mempunyai fungsi serta manfaat yang berbeda dan saling berpengaruh satu sama lain sehingga perlu adanya efisiensi dalam penggunaan faktor-faktor produksi tersebut. Kacang hijau merupakan komoditas pertanian unggulan kedua setelah padi di Kecamatan Undaan. Sehingga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan petani secara umum. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah tingkat efisiensi teknis, pada pertanian kacang hijau di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus? (2) Bagaimanakah tingkat efisiensi alokatif/harga, pada pertanian kacang hijau di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus? (3) Bagaimanakah tingkat efisiensi ekonomi, pada pertanian kacang hijau di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus? (4) Bagaimanakah returns to scale pertanian kacang hijau di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus? Populasi dalam penelitian ini adalah petani kacang hijau di Kecamatan Undaan yang berjumlah 4.852 petani. Sampel penelitian diambil secara Proporsional Cluster Random Sampling dan diperoleh 98 petani sebagai responden. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) luas lahan, (2) bibit, (3) pestisida, dan (4) tenaga kerja. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan Frontier stokastik Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari hasil penghitungan efisiensi teknis melalui penghitungan regresi frontier skokastik dengan alat bantu paket komputer Frontier Version 4.1 c. diperoleh hasil sebesar 0,99945651 . Hal ini mengandung arti bahwa usahatani kacang hijau di Kecamatan Undaan masih belum efisien secara teknis. (2) Dari hasil perhitungan efisiensi harga di peroleh hasil sebesar 3,304237. Ini berarti bahwa usahatani kacang hijau di Kecamatan Undaan belum efisien secara harga. (3) Dari hasil perhitungan efisiensi ekonomi di peroleh hasil sebesar 3,302441. Hal ini berarti bahwa usahatani kacang hijau di Kecamatan Undaan masih belum efisien secara ekonomi. (4) Dari hasil perhitungan return to scala pada usahatani kacang hijau di peroleh hasil sebesar 1,1807. Nilai ini mempunyai arti bahwa proporsi penambahan faktor produksi akan menghasilkan tambahan produksi yang proporsinya lebih besar.Saran yang diberikan yaitu Para petani diharapkan lebih mampu menggunakan dan memanfaatkan faktor-faktor produksi yang dimilikinya secara proporsional. Sehingga menjadi lebih efisien dan menguntungkan. Dan Pemerintah hendaknya melakukan langkah strategis dalam menyusun kebijakan dan program pengembangan pertanian khususnya usahatani kacang hijau.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Faktor-Faktor Produksi Kacang Hijau
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 12:18
Last Modified: 11 Jul 2012 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item