Strategi Peningkatan Ekspor Tekstil PT.Dupantex Kabupaten Pekalongan


Achmad Miftahul Firdaus , 7450406546 (2011) Strategi Peningkatan Ekspor Tekstil PT.Dupantex Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Peningkatan Ekspor Tekstil PT.Dupantex Kabupaten Pekalongan]
Preview
PDF (Strategi Peningkatan Ekspor Tekstil PT.Dupantex Kabupaten Pekalongan) - Published Version
Download (314kB) | Preview

Abstract

PT Dupantex adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertekstilan dimana produk yang dihasilkan perusahaan mayoritas produk yang diekspor keluar negeri, tetapi pada tahun 2010 terjadi penurunan ekspor dari Rp 22.931.543,40 Milyar menjadi Rp 19.476.611,45 Milyar. Keadaan tersebut perlu adanya perhatian khusus dari direktur perusahaan agar tidak mengalamii kebangkrutan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor internal dan eksternal yang ada di perusahaan dan strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan ekspor teksti di PT.Dupantex. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang manajer dan stafnya. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor internal(modal, tenaga kerja, produksi dan teknologi), faktor eksternal (pangsa pasar dan pesaing), metode pengumpulan data adalah angket. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif persentatif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitan yang menjadi kekuatan dalam faktor internal adalah teknologi dengan persentase 75 % sedangkan kelemahan adalah modal dengan persentase 60%, tenaga kerja 60% dan produksi 60% . yang menjadi peluang dalam faktor eksternal adalah pesaing dengan persentase sebesar 60% dan yang menjadi ancaman adalah pangsa pasar dengan persentase 60%. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui strategi dengan menggabungkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yaitu meningkatkan produktivitas, menjalin hubungan dengan pihak-pihak pelaku bisnis. Kesimpulan penelitian ini adalah faktor eksternal dan internal dalam PT.Dupantex Pekalongan yaitu modal, tenaga kerja, produksi, teknologi, , pangsa pasar dan pesaing. Strategi dalam peningkatan ekspor tekstil PT.Dupantex Pekalongan yaitu meningkatkan produksi dengan cara menambah desain baru dan memberikan keterampilan yang memadahi. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah lebih selektif dalam menerima karyawan dan menciptakan desain yang baru, menambah pelatihan-pelatihan bagi karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Peningkatan Ekspor Tekstil
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 08:10
Last Modified: 11 Jul 2012 08:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13376

Actions (login required)

View Item View Item