Faktor-faktor yang Mempengaruhi penyaluran Kredit (Studi Kasus pada Bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak Periode Tahun 2005 Triwulan IV- 2010 Triwulan IV).

Aditya Dwi Cahyono , 7450406545 (2012) Faktor-faktor yang Mempengaruhi penyaluran Kredit (Studi Kasus pada Bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak Periode Tahun 2005 Triwulan IV- 2010 Triwulan IV). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Faktor-faktor yang Mempengaruhi penyaluran Kredit (Studi Kasus pada Bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak Periode Tahun 2005 Triwulan IV- 2010 Triwulan IV).) - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    Bank BPR merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan yang di dalamnya selalu terjadi perputaran uang. Ada sejumlah uang yang diterima oleh pihak bank, dan ada juga uang yang dilepaskan oleh bank. Lembaga keuangan memiliki fungsi intermediasi keuangan. Salah satu fungsi intermediasi keuangan adalah menyalurkan kredit kepada masyarakat. Berbagai problem dihadapi bank berkaitan dengan penyaluran kredit. peningkatan undisbursed loan pada tahun 2010 yang membuktikan lemahnya demand side kredit, dan penurunan penyaluran kredit Bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak pada tahun 2008 triwulan III mengalami penurunan yang begitu tajam sampai dengan tahun 2010. Hal inilah yang menyebabkan penulis melakukan penelitian terhadap faktor – faktor apa sajakah yang berpengaruh pada penyaluran jumlah kredit di Bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari tahun 2005 triwulan IV sampai dengan tahun 2010 triwulan IV, dimana variabel yaitu PDRB, Inflasi, Suku bunga, DPK, ROA, CAR, dan NPL. Penelitian ini menggunakan alat analisis Faktor, analisis faktor dalam penelitian ini berjutuan untuk meringkas variabel-variabel menjadi beberapa faktor dan menetukan variabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam penyaluran Kredit di Bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak. Analisis faktor ini menggunakan bantuan soffware SPSS versi 16.00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan, dari ke tujuh variabel (PDRB, Inflasi, DPK, Suku bunga, ROA, CAR dan NPL) terdapat enam variabel (PDRB, DPK, Suku bunga, ROA, CAR dan NPL) yang mempunyai pengaruh dalam penyaluran kredit di bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak dan membentuk menjadi dua faktor, yang masing-masing faktor terdiri dari variabel-variabel, faktor pertama terdiri dari variabel (PDRB, DPK, Suku bunga, CAR dan NPL) mempunyai pengaruh sebesar 63,74% dan faktor ke dua yang terdapat satu variabel yaitu ROA mempunyai pengaruh sebasar 19,37% dan secara keseluruhan mempunyai pengaruh sebesar 83,11% dalam penyaluran kredit di bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak, dan variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah DPK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, untuk meningkatkan penyaluran kredit sebaiknya pihak bank PD. BPR BKK Kabupaten Demak lebih memfokuskan untuk menjaga laju NPL yang masih di atas ketentuan yaitu 5%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Penyaluran Kredit, PDRB, Inflasi, Suku Bunga, DPK, ROA, CAR, NPL, Analisis Faktor.
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jul 2012 04:06
    Last Modified: 11 Jul 2012 04:06

    Actions (login required)

    View Item