Efektivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan PTP. Nusantara IX (Persero) Dalam Membina UKM Di Kota Semarang


Aji N Wijayono, , 7450406522 (2011) Efektivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan PTP. Nusantara IX (Persero) Dalam Membina UKM Di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan PTP. Nusantara IX (Persero) Dalam Membina UKM Di Kota Semarang] Microsoft Word (Efektivitas Program Kemitraan Bina Lingkungan PTP. Nusantara IX (Persero) Dalam Membina UKM Di Kota Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

PT. Nusantara IX yang bergerak dibagian perkebunan besar di wilayah Jawa Tengah merupakan salah satu BUMN yang melaksanakan program sebagai pelaksana Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan (PKBL) BUMN dengan Usaha Kecil. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui profil mitra binaan PT. Nusantara IX, (2) mendeskripsikan mekanisme penyaluran dana program PKBL oleh PT. Nusantara IX kepada mitra binaan, (3) untuk mengetahui penyebab meningkatnya kredit macet dari tahun 2007-2009, (4) untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan Program PKBL yang dilaksanakan PT. Nusantara IX di Kota Semarang, (5) untuk mengatasi kendala-kendala yang menyebabkan kredit macet itu terjadi. Populasi penelitian ini berjumlah 79 mitra binaan dan diambil sampel sebanyak 12 mitra binaan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Variabel penelitian ini adalah kriteria tepat sasaran dan kriteria tepat tujuan. Metode pengumpulan data meliputi kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya modal awal dengan rata-rata Rp 14,708,333 dan rata-rata pendapatan mitra binaan sebelum menerima pinjaman sebesar Rp 1,791,667 dan sesudah menerima pinjaman sebesar Rp 2,208,333. Tingkat efektivitas program PKBL ini diukur melalui tingkat ketepatan sasaran dapat dilihat dari rata-rata peningkatan jumlah tenaga kerja di perusahaan responden yang memperoleh kredit usaha dari sebesar 1,67 orang. Dan ketepatan tujuan dilihat dari peningkatan produksi mitra binaan sebesar 58,33% dan peningkatan area pemasaran sebesar 58,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa program PKBL PT. Nusantara IX telah tepat sasaran dan tepat tujuan. Untuk saran mitra binaan lebih memiliki rasa tanggung jawab dalam mengembalikan angsuran kepada PT. Nusantara (Persero) IX Kota Semarang karena pihak perusahaan telah memberikan pinjaman dengan bunga yang sangat rendah,. Dan Sebaiknya lebih selektif dalam memberikan pinjaman kepada calon mitra binaan melalui pengenaan agunan yaitu jaminan kredit berupa benda, baik benda tetap (tanah, bangunan) maupun benda bergerak (mesin, kendaran, perabot rumah tangga). Sehingga angka kredit macet dapat berkurang karena mitra binaan akan lebih memiliki rasa tanggung jawab dalam mengembalikan angsuran dan kerugian perusahaan dapat dihindari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program, Program Kemitraan Bina Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 07:54
Last Modified: 11 Jul 2012 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item