Persepsi Akuntan Pendidik dan Auditor Terhadap Keahlian Akuntan Forensik


Hendryan Purnomo, 7250407070 (2011) Persepsi Akuntan Pendidik dan Auditor Terhadap Keahlian Akuntan Forensik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Akuntan Pendidik dan Auditor Terhadap Keahlian Akuntan Forensik] Microsoft Word (Persepsi Akuntan Pendidik dan Auditor Terhadap Keahlian Akuntan Forensik) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi akuntan pendidik dengan auditor tentang kemampuan analisis deduktif, pemikiran kritis, memecahkan masalah tidak terstruktur, fleksibilitas penyidikan, kemampuan analitik, komunikasi lisan, komunikasi tertulis, pengetahuan tentang hukum, dan bersikap tenang yang merupakan bagian keahlian akuntan forensik yang relevan. Objek penelitian adalah akuntan pendidik dengan auditor di kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik proportional random sampling di dalam pengumpulan data. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 200 di perguruan tinggi dan kantor akuntan publik (KAP) di kota Semarang dan 122 responden (61%) yang terdiri dari 60 orang dari akuntan pendidik, dan 62 orang dari Auditor telah memberikan jawaban. Analisis data dilakukan dengan Independent Sample Test dengan program SPSS versi 14. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik dengan auditor terhadap kemampuan analisis deduktif, pemikiran kritis, memecahkan masalah tidak terstruktur, fleksibilitas penyidikan, kemampuan analitik, komunikasi tertulis, pengetahuan tentang hukum, dan bersikap tenang. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa masih terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik dengan auditor yaitu pada kemampuan komunikasi lisan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi para akuntan pendidik dalam mengembangkan kurikulum akuntansi forensik dengan membuka wawasan tentang semakin pentingnya akuntan forensik serta dalam pengembangan ilmu akuntansi forensik agar dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai keahlian yang harus dimiliki akuntan forensik dalam melakukan praktiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi akuntan pendidik dan auditor, akuntan forensik keahlian yang relevan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 03:19
Last Modified: 11 Jul 2012 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item