Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kualitas Kehidupan Kerja dan Komitmen Organisasi di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang

Bimo Andono. , 7350407007 (2011) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kualitas Kehidupan Kerja dan Komitmen Organisasi di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Komitmen Organisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya komitmen afektif, komitmen normatif dan komitmen kontinuan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan pada Kantor PDAM Tirta Moedal, (2) Adakah pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi karyawan pada Kantor PDAM Tirta Moedal, (3) Adakah pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan pada Kantor PDAM Tirta Moedal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas kehidupan kerja karyawan pada Kantor PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, (2) pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi karyawan pada Kantor PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, (3) pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan pada Kantor PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang dengan sampel sejumlah 75 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi tunggal dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan Y1= 40,315 + 0,462 X dan Y2 = 12,908 + 0,256X + 0,408Y1 yang berarti adanya pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas kehidupan kerja, adanya pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dan adanya pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kualitas kehidupan kerja , ada pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi karyawan dan ada pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Disarankan untuk pimpinan PDAM Tirta Moedal perlu menumbuhkan kepercayaan diri karyawan dengan cara memberikan kesempatan untuk menciptakan ide-ide baru yang memiliki keunggulan dalam melaksanakan tugasnya dan mempertahankan kepemimpinan transformasional dengan cara membangun komunikasi yang baik secara vertikal maupun secara horizontal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kualitas Kehidupan Kerja dan Komitmen Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:23
Last Modified: 10 Jul 2012 22:23

Actions (login required)

View Item