Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Kecil Tas Enceng Gondok Di Kabupaten Semarang.

Adhika, Hedianto., 7350406608 (2011) Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Industri Kecil Tas Enceng Gondok Di Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Orientasi pasar, inovasi, dan kualitas produk yang baik dapat meningkatkan kinerja pemasaran suatu perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah orientasi pasar, inovasi dan kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran? (2) Apakah orientasi pasar, inovasi dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasaran?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh orientasi pasar, inovasi dan kualitas produk secara parsial terhadap kinerja pemasaran (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh orientasi pasar, inovasi dan kualitas produk secara simultan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik industri kecil tas enceng gondok di Kabupaten Semarang yaitu sebanyak 30 pengusaha tas. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Tehnik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi didapatkan persamaan Y= 5,250 + 0,430X1 + 0,254X2 + 0,307X3. Hasil t hitung orientasi pasar adalah 3,007 dan signifikansi 0,006. Hasil t hitung inovasi adalah 3.408 dan signifikansi 0.002. Hasil t hitung kualitas produk adalah 4,617 dan signifikansi 0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara orientasi pasar, inovasi, dan kualitas produk terhadap kinerja pemasaran pada industri kecil tas enceng gondok di Kabupaten Semarang. Disimpulkan bahwa orientasi pasar, inovasi, dan kualitas produk secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada industri kecil tas enceng gondok di Kabupaten Semarang. Saran untuk penelitian ini bagi perusahaan diharapkan mampu merespon keinginan pelanggan yang selalu berubah, melakukan inovasi, dan selalu menjaga kualitas produk. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya memilih variabel penelitian dan jumlah sampel yang lebih banyak sehingga akan lebih diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi, Kualitas Produk, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:19
Last Modified: 10 Jul 2012 22:19

Actions (login required)

View Item