Pengaruh Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi dan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009”.


Dwi Setyaningrum , 3301404535 (2009) Pengaruh Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi dan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi dan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009”.]
Preview
PDF (Pengaruh Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi dan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009”.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar bisa tercapai apabila guru bisa memberikan kondisi belajar yang cukup kondusif bagi siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur anak didik dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran, juga hubungan yang baik antara guru dan anak didik, serta anak didik merupakan syarat keberhasilan pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan salah satu prasyarat bagi terjadinya proses belajar mengajar yang efektif. Oleh karena itu guru harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan memiliki ketrampilan dalam pengelolaan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara kemampuan guru dalam berkomunikasi dsan pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar akuntansi siswa di SMA Negeri 8 Semarang baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi pada penelitian ini, adalah semua guru di SMA N 8 Semarang yang berjumlah 95 orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan guru dalam berkomunikasi (X1). Pengelolaan kelas (X2) dan motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 8 Semarang (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik dan analisisis berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis uji Hasil uji F diperoleh F hitung = 33,625 dan nilai p value = 0,000 dengan demikian maka ada pengaruh yang signifikan secara simultan kemampuan guru dalam berkomunikasi, pengelolaan kelas dan motivasi belajar Akuntansi, memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar 42,30%, selebihnya dari faktor lain di luar kedua variabel tersebut. Sedangkan, koefisien regresi pada pengaruh kemampuan guru dalam berkomunikasi terhadap motivasi belajar diterima. Besarnya kontribusi kemampuan guru dalam berkomunikasi terhadap motivasi belajar sebesar 6,30% Sedangkan pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar diterima. Besarnya kontribusi pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar sebesar 17,0% Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam berkomunikasi di SMA N 8 Semarang tinggi (61,65%) danpengelolaan kelas tergolong tinggi (45,26%),kemampuan guru dalam berkomunikasi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA N 8 Semarang (6,30%), pengelolaan kelas berpengaruh positif terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA N 8 Semarang (17,0%) , kemampuan guru dalam berkomunikasi dan pengelolaan kelas secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA N 8 Semarang (42,30%). Saran yang dapat diberikan dalam peneliti ini adalah guru diharapka lebih mengefektifkan pembelajaran terutama dalam hal pengelolaan kelas agar proses belajar mengajar dapat berjalan kondusif serta dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pelajaran berlangsung, sehingga dapat diperoleh motivasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru dalam Berkomunikasi, Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Apr 2011 07:45
Last Modified: 25 Apr 2015 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item