Pengaruh Struktur Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010

Siti Hariyanti, , 7250407116 (2012) Pengaruh Struktur Corporate Governance Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang, dimana praktek corporate social responsibility (CSR) di Indonesia masih rendah, begitu juga dengan pengungkapannya. Pada dasarnya CSR berorientasi dari dalam ke luar, jadi diperlukan tata kelola yang baik untuk melaksanakan CSR dengan baik pula. Struktur corporate governance dapat dijadikan infrastruktur pendukung CSR di Indonesisa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh struktur corporate governance, yaitu ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing (variabel corporate governance) secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap luas pengungkapan CSR di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2008-2010. Jumlah sampel yang diteliti berjumlah 15 perusahaan atau 45 laporan tahunan. Variabel yang diteliti adalah ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing sebagai variabel bebas, dan luas pengungkapan CSR sebagai variabel terikatnya dengan ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel kontrol. Data berupa laporan tahunan diperoleh dari website BEI (www.idx.com) dan selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh antara ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing, ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel kontrol terhadap luas pengungkapan CSR dengan pengaruh sebesar 47,4%, tetapi secara parsial hanya variabel kontrol leverage yang berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Adapun saran yang bisa penulis berikan adalah perusahaan publik hendaknya melaksanakan aturan perundangan dengan baik. Dan investor dalam mengambil keputusan hendaknya memperhatikan aspek CSR dalam keputusan investasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Dewan Komisaris, Komite Audit, Kepemilikan Saham.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 21:36
Last Modified: 10 Jul 2012 21:36

Actions (login required)

View Item