Analisis Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial dengan dan Job Relevant Information dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderating

Abik Afada, , 7250407084 (2012) Analisis Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial dengan dan Job Relevant Information dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderating. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dengan kepuasan kerja, job relevant information sebagai variabel moderating. Adanya ketidak konsistenan diantara hasil penelitian terdahulu tentang pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, menjadi motivasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan metode survey Lapangan dengan menggunakan kuesioner. Dari sampel sebanyak 145 kuesioner yang didistribusikan kepada Dinas atau kepala bagian setingkat manajer pada SKPD di wilayah Pemerintahan kota Semarang, sebanyak 106 kuesioner yang kembali kemudian dianalisis dengan tehnik regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukan untuk Nilai t hitung sebesar 3,300 dengan signifikasi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari α = 0,05. Nilai t hitung sebesar 4,267 dengan signifikasi sebesar sebesar 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,05 berarti dapat diterima.Variabel moderating Absx1_x2 ternyata tidak signifikan 0,909 dan jauh diatas 0,05 sehingga variabel Job relevant information bukan variabel moderating. Nilai t hitung sebesar 4,018 dengan signifikasi sebesar sebesar 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,05 berarti dapat diterima. Variabel moderating Absx1_x2 ternyata tidak signifikan 0,287 dan jauh diatas 0,05 sehingga variabel Kepuasan kmerja bukan variabel moderating. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa parstisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial mempunyai hubungan positif dan signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dan variabel moderating kepuasan kerja berpengaruh pada kinerja manajerial secara simultan tetapi tidak berpengaruh secara parsial. Kemudian interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dan variabel moderating job relevant information berpengaruh pada kinerja manajerial secara simultan tetapi tidak berpengaruh secara parsial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi penyusunan anggaran, kepuasan kerja, job relevant information, kinerja manajerial
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 21:30
Last Modified: 10 Jul 2012 21:30

Actions (login required)

View Item