Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009


Moh. Ardi Arizona, , 7250407049 (2011) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009] Microsoft Word (Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR) dan Return on Equity (ROE) Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2009) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Penilaian atas saham merupakan kegiatan yang sangat penting. Salah satu metode penilaian saham tersebut adalah Price Earning Ratio (PER). PER dapat diartikan sebagai indikator kepercayaan pasar terhadap prospek pertumbuhan perusahaan di masa yang akan datang. Price Earning Ratio atas saham maka dapat diidentifikasikan saham mana yang sebaiknya dijual atau dibeli. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Return on Equity (ROE) secara simutan terhadap Price Earning Ratio (PER) perusahaan manufaktur di BEI, (2) Mengetahui Mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Return on Equity (ROE) secara parsial terhadap Price Earning Ratio (PER) perusahaan manufaktur di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling yang terdiri dari 14 sampel perusahaan pada setiap tahun yang berarti ada 42 unit analisis selama periode penelitian. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dimana data yang digunakan merupakan data sekunder. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan pengujian hipotesis uji simultan (F) dan uji parsial (t). Hasil regresi data menunjukkan persamaan sebagai berikut Ŷ = 5.077 – 0,536X1 + 0,133X2 + 0,118X3+ e. Secara simultan DER, DPR dan ROE berpengaruh signifikan terhadap PER. Secara parsial DER tidak berpengaruh signifikan terhadap PER, sedangkan DPR dan ROE berpengaruh signifikan terhadap PER. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh secara simultan antara DER, DPR dan ROE terhadap PER. Secara parsial hanya DPR dan ROE yang berpengaruh signifikan terhadap PER, sedangkan DER tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap PER. Dari kesimpulan yang ada, maka penulis menyarankan bagi calon investor dalam melakukan penilaian atas saham berdasarkan nilai PER akan lebih optimal jika menggunakan DPR dan ROE sebagai bahan pertimbangan sebelum berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), Dividen Payout Ratio (DPR), Return on Equity (ROE)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 01:23
Last Modified: 11 Jul 2012 01:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13322

Actions (login required)

View Item View Item