Pengaruh Indeks Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008


Endah Wahyuningsih, . , 7250406553 (2011) Pengaruh Indeks Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Indeks Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008] Microsoft Word (Pengaruh Indeks Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Investor memerlukan informasi yang jelas, pasti dan tepat waktu sebagai dasar pengambilan keputusan investasinya. CSR merupakan salah satu informasi yang diungkapkan oleh suatu perusahaan di dalam laporan tahunannya. Suatu informasi dianggap informatif atau memiliki nilai jika informasi tersebut mampu mengubah reaksi investor. Bentuk reaksi investor terhadap saham tertentu di pasar modal akan mempengaruhi tingkat permintaan dan penawaran dari saham itu sendiri, yang akan berdampak terhadap harga saham. Beberapa hasil penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan hasil penelitian lainnya menyebutkan bahwa kinerja keuangan perusahaan dapat mempengaruhi perubahan harga saham perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah indeks pengungkapan CSR berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap harga saham. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh bukti empiris tentang pengaruh indeks pengungkapan CSR secara signifikan positif terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan go public yang terdaftar di BEI selama tahun 2006-2008. Sampel berjumlah 33 yang diambil secara purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa CSR Community berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap harga saham sebesar 26,83%, CSR Employment tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, penelitian ini tidak dapat menjelaskan pengaruh CSR Product and Consumer terhadap harga saham, CSR Environment berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap harga saham sebesar 30,69%, dan secara simultan CSR Community, CSR Employment dan CSR Environment berpengaruh signifikan dan positif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa indeks pengungkapan CSR perusahaan perbankan di dalam laporan tahunannya dapat meningkatkan harga saham perusahaan di tahun berikutnya. Saran dari penelitian ini adalah agar perusahaan perbankan lebih memperhatikan dan meningkatkan indeks pengungkapan CSR di dalam laporan tahunannya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Harga Saham, Perusahaan Perbankan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 01:17
Last Modified: 11 Jul 2012 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item