Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas dalam Realisasi Anggaran Investasi pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah


Lestari Purwaningsih, , 7250308009 (2011) Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas dalam Realisasi Anggaran Investasi pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas dalam Realisasi Anggaran Investasi pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah] Microsoft Word (Sistem Akuntansi Pengeluaran Kas dalam Realisasi Anggaran Investasi pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Sistem Akuntansi Pengeluaran kas merupakan suatu catatan yang dibuat untuk melaksanakan kegiatan pengeluaran baik dengan cek maupun dengan uang tunai. Sistem pengeluaran kas pada anggaran pendapatan dan belanja merupakan mekanisme pencatatan dan transaksi pengeluaran kas mulai dari penerimaan anggaran sampai akhir kegiatan dan pertanggungjawaban dengan persetujuan penggunaan anggaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana sistem akuntansi pengeluaran kas dalam realisasi anggaran pada Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah? (2) Catatan akuntansi apa saja yang digunakan dalam sistem akuntansi pengeluaran kas dalam realisasi anggaran pada Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah? Penyusunan Tugas akhir ini, penulis menggunakan metode dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh yaitu data sekunder dan dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh sistem pengeluaran kas pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah ada dua prosedur pengeluaran kas yaitu : Prosedur Pengeluaran Kas dalam Realisasi Anggaran Investasi dengan Uang Tunai dan cek atau bilyet giro. Catatan akuntansi yang digunakan dalam sistem akuntansi pengeluaran kas pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah adalah Jurnal Pengeluaran Kas dan Register Cek. Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah disetiap tahun mengeluarkan kas khususnya untuk anggaran investasi. Selisih antara anggaran dengan realisasi di Perum Perhutani Unit I dipergunakan untuk perbaikan atau perawatan di bidang investasi atau dialokasikan pada tahun berikutnya. Sistem pengeluaran kas pada Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah sudah sesuai dengan prosedur pengeluaran kas, namun yang harus diperhatikan lagi dalam pengeluaran kas khususnya pada realisasi anggaran dibidang investasi yang sering terdapat selisih antara Rencana Kegiatan Anggaran Perusahaan (RKAP) dengan realisasinya yang lebih sedikit sehingga perlu diotorisasi pihak yang terkait seperti Biro Keuangan. Untuk anggaran sebaiknya harus disesuaikan dengan Rencana Kegiatan Anggaran Perusahaan (RKAP) dan kebutuhan yang diperlukan selain melihat kebutuhan anggaran tahun sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengeluaran Kas dan Realisasi Anggaran Investasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 01:09
Last Modified: 11 Jul 2012 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item