Poligami dan Konflik Psikologis Perempuan yang Dipoligami dalam Skenario Film Berbagi Suami Karya Nia Dinata


Dinarum Probo Arimukti, 2150407029 (2011) Poligami dan Konflik Psikologis Perempuan yang Dipoligami dalam Skenario Film Berbagi Suami Karya Nia Dinata. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Poligami dan Konflik Psikologis Perempuan yang Dipoligami dalam Skenario Film Berbagi Suami Karya Nia Dinata] Microsoft Word (Poligami dan Konflik Psikologis Perempuan yang Dipoligami dalam Skenario Film Berbagi Suami Karya Nia Dinata) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Fenomena poligami dewasa ini telah menjadi isu yang banyak diperdebatkan oleh masyarakat Indonesia. Maraknya praktik poligami yang dilakukan oleh beberapa suami dengan alasan teologi sebagai dasar untuk menutupi alasan-alasan yang lebih pribadi lainnya seperti kebutuhan biologis atau untuk menunjukkan keperkasaannya dengan memiliki banyak istri, telah mengundang berbagai komentar dari beberapa pihak. Poligami dewasa ini masih merupakan hal yang pro-kontra untuk diterapkan di kehidupan masyarakat, khususnya di Indonesia yang sebagian besar adalah masyarakat muslim. Ada sebagian yang menyetujuinya, dengan argumentasi seperti mengikuti sunah rasul dan akan membuahkan pahala yang besar bagi istri yang merelakan suaminya melakukan perkawinan poligami, namun ada pula yang mengganggap bahwa hal tersebut merupakan tindakan yang menyakiti perasaan kaum wanita. Selain mengungkap kehidupan poligami, dalam skenario film Berbagi Suami ini juga memberikan informasi yang berhubungan dengan konflik-konflik psikologis yang dialami perempuan. Perubahan yang terjadi pada perempuan ini digambarkan melalui konflik batin maupun konflik dengan tokoh lain, yaitu sesama istri suaminya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah representasi poligami dalam skenario film Berbagi Suami karya Nia Dinata, bagaimanakah konflik psikologis perempuan yang dipoligami dalam skenario film Berbagi Suami karya Nia Dinata, serta mekanisme pertahanan apa sajakah yang digunakan oleh perempuan dalam skenario film Berbagi Suami karya Nia Dinata. Landasan teoretis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah psikologi sastra yang mengacu kepada teori kepribadian dari Sigmund Freud. Hasil kajian ini adalah poligami dalam skenario film Berbagi Suami direpresentasikan melalui empat aspek yaitu: aspek teologis, aspek psikologis, aspek sosiologis, dan aspek seksologis; konflik psikologis perempuan yang dipoligami pada skenario film Berbagi Suami karya Nia Dinata, terbagi dalam tiga sistem kepribadian yaitu Id, Ego dan Superego; dan ada enam jenis mekanisme pertahanan yang digunakan oleh perempuan yang dipoligami dalam skenario film Berbagi Suami karya Nia Dinata yaitu: a) identifikasi (identification) b) pemindahan (displacement) c) represi (repression) d) fiksasi dan regresi (fixation and regression), e) pembentukan reaksi (reaction formation) serta f) intelektualisasi (intelectualization).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: poligami, konflik psikologis, psikologi sastra, mekanisme pertahanan (defense mechanism).
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 00:46
Last Modified: 11 Jul 2012 00:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item