Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Suggestopedia pada Siswa Kelas X 1 SMA N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011


Nur Alif Alfi Zuhro, 2303407020 (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Suggestopedia pada Siswa Kelas X 1 SMA N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Suggestopedia pada Siswa Kelas X 1 SMA N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Suggestopedia pada Siswa Kelas X 1 SMA N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Tujuan pembelajaran bahasa Arab secara umum adalah agar siswa mampu menguasai empat keterampilan (skills) bahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan membaca, keterampilan berbicara, dan keterampilan menulis. Pembelajaran keterampilan berbicara perlu mendapatkan perhatian karena keterampilan berbicara tidak bisa diperoleh secara otomatis, melainkan harus belajar dan berlatih. Untuk melatih keterampilan berbicara siswa perlu adanya metode yang sesuai. Pembelajaran keterampilan bahasa Arab dengan metode suggestopedia mengarahkan siswa agar berlatih berbicara bahasa Arab di dalam kelas tanpa adanya rasa takut salah dan perasaan tidak mampu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya penerapan metode suggestopedia dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab, peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa, dan perubahan perilaku siswa kelas X 1 SMA N 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal terhadap keterampilan berbahasa Arab setelah menggunakan metode suggestopedia. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I materi yang diberikan tentang ١ البيت dan pada siklus II diberikan materi tentang البيت٢. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X 1 SMA N 1 Dukuhwaru kabupaten Tegal tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas X yang berjumlah 40 siswa. Data mengenai peningkatan keterampilan berbicara diperoleh dengan tes lisan. Tes kemampuan berbicara siswa ini meliputi beberapa aspek, yaitu ketepatan ucapan, pilihan kata (diksi), pemakaian kalimat, intonasi, volume suara, sikap, garak-gerik dan mimik, kelancaran, penguasaan topik, keberanian dan keterampilan. Mengenai perubahan perilaku diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang meliputi respon terhadap pola/ model pembelajaran, materi dan metode guru. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pretes, tes pada akhir siklus 1 dan tes pada akhir siklus 2. Teknik kualitatif dipakai untuk menganalisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa melalui metode suggestopedia sebesar 24,4%. Pada siklus I rata-rata kemampuan berbicara siswa sebesar 64,45 meningkat menjadi 80,18 pada siklus II. Peningkatan keterampilan berbicara siswa juga terjadi pada semua aspek. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan angket pada siklus I dan siklus II diketahui bahwa siswa beranggapan bahwa pembelajaran berbicara dengan metode suggestopedia sangat menarik dan menyenangkan serta berpengaruh terhadap keaktifan, kepercayaan diri, dan antusiasme siswa terutama dalam keterampilan berbicara. Saran penelitian ini adalah menjadikan metode suggestopedia sebagai salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, dalam pembelajaran Bahasa Arab, khususnya keterampilan berbicara bahasa Arab, guru seyogyanya lebih kreatif menggunakan teknik, metode, dan media pembelajaran dengan melibatkan peran aktif siswa, sehingga suasana pembelajaran dalam kelas lebih menyenangkan. Siswa juga harus selalu dilibatkan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab sehingga siswa tidak merasa bosan dengan mata pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, metode suggestopedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 00:39
Last Modified: 11 Jul 2012 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13303

Actions (login required)

View Item View Item