Pemanfaatan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011


Wiwit Setyaningrum, 2303407006 (2011) Pemanfaatan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pemanfaatan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Kosakata merupakan salah satu unsur penting dalam mempelajari bahasa asing. Dengan menguasai kosakata, seorang pembelajar bahasa asing dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Untuk dapat menguasai kosakata dengan baik diperlukan cara yang tepat dalam memperolehnya, salah satunya adalah dengan pemanfaatan metode. Metode yang ditawarkan untuk mempelajari kosakata sudah banyak bermunculan akhir-akhir ini. Namun tidak banyak metode yang dapat membuat siswa belajar kosakata secara aktif dengan menciptakan ingatan jangka panjang. Padahal ingatan jangka panjang sangat dibutuhkan oleh siswa untuk menguasai kosakata agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif metode yang memberikan ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk menciptakan ingatan jangka panjang dalam mempelajari kosakata. Salah satunya adalah metode Total Physical Response. Dalam pemanfaatan metode ini, siswa diberi kesempatan untuk belajar dengan mengekspresikan kosakatanya melalui gerakan atau peragaan. Gerakan atau peragaan inilah yang menjadi sarana untuk menciptakan ingatan jangka panjang bagi siswa pada saat mempelajari kosakata sehingga kosakata akan lebih mudah diingat dan bertahan dalam memori untuk waktu yang lama. Aktivitas belajar dengan metode ini didesain menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang melalui metode Total Physical Response. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif prosentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang tahun ajaran 2010/2011 dengan pemanfaatan metode TPR adalah sebesar 10,59% untuk tes lisan dan 20,72% untuk tes tertulis. Peningkatan tersebut dihitung dari pretest ke pertemuan 1 siklus 1 terjadi kenaikan sebesar 15,06% untuk tes lisan dan 56,01% untuk tes tertulis, pada siklus 1 pertemuan 1 ke pertemuan 2 terjadi kenaikan nilai rata-rata sebesar 11,32% untuk tes lisan dan 13,12% untuk tes tertulis. Selanjutnya pada pertemuan 2 siklus 1 ke pertemuan 1 siklus 2 terjadi kenaikan nilai rata-rata sebesar 8,02% untuk tes lisan dan 7,08% untuk tes tertulis. Dan pada siklus 2 pertemuan 1 ke pertemuan 2 terjadi kenaikan nilai rata-rata sebesar 7,96% untuk tes lisan dan 6,68% untuk tes tertulis. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya respon dan minat yang tinggi pada siswa kelas IV MI Al Islam Mangunsari 02 Semarang tahun ajaran 2010/2011 terhadap pemanfaatan metode TPR.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Metode Total Physical Response
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 00:36
Last Modified: 11 Jul 2012 00:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item